Deviyanti, Elen (2017) Peningkatan minat belajar sains sederhana melalui metode demonstrasi di kelompok C1 KB/TK Taman Indria 01 Malang / Elen Deviyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Deviyanti Elen. 2017. Peningkatan Minat Belajar Sains Sederhana Melalui Metode Demonstrasi Di Kelompok B1 KB/TK Taman Indria 01 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (II) Wuri Astuti S. Pd. Kata Kunci Minat Belajar Sains Sederhana Metode Demonstrasi. Berdasarkan hasil observasi pratindakan ada beberapa permasalahan dalam minat belajar dalam pembelajaran sains di antaranya anak tidak senang dalam belajar dan tidak berminat dalam kegiatan pencampuran warna anak kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran sains anak kurang konsentrasi atau perhatian dalam kegiatan pencampuran warna anak kurang terlibat saat menggunakan media. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar sains sederhana anak di kelompok B1 KB/TK Taman Indria 01 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan minat belajar sains sederhana melalui metode demonstrasi di kelompok B1 KB/TK Taman Indria 01 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan tindakan dan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar sains sederhana anak. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase keberhasilan klasikal pada setiap tahap. Persentase keberhasilan klasikal pada pratindakan sebesar 21% siklus I sebesar 35% dan siklus II sebesar 80 1%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak kelompok B1. Maka disarankan agar guru dapat menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan minat belajar anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |