Peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan metode eksperimen di TK Negeri Pembina 2 Malang / Yolanda Intan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan metode eksperimen di TK Negeri Pembina 2 Malang / Yolanda Intan Sari

Sari, Yolanda Intan (2017) Peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan metode eksperimen di TK Negeri Pembina 2 Malang / Yolanda Intan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Yolanda Intan. 2017. Peningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Metode Eksperimen di TK Negeri Pembina 2 Malang . Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Proses Sains Metode Eksperimen Observasi dilaksanakan pada kelompok B2 di TK Negeri Pembina 2 Malang. Berdasarkan observasi tersebut diketahui bahwa hasil perkembangan keterampilan proses sains anak kurang maksimal. Dimana 15 dari 19 anak belum mampu mengidentifikasi ciri-ciri 15 anak dari 19 anak masih belum mampu mengelompokkan 16 dari 19 anak belum dapat membuat dugaan dan 19 dari 19 anak masih ragu ketika ingin mengkomunikasikan kegiatannya. Faktor penyebabnya adalah kurang variatifnya metode pembelajaran yang mampu membuat anak terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu belum adanya media konkret dalam area sains untuk menunjang terjadinya proses pembelajaran yang melibatkan anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains kelompok B TK Negeri Pembina 2 Malang (2) apakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains kelompok B TK Negeri Pembina 2 Malang . Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil dari penerapan metode eksperimen dalam penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak yaitu dari persentase ketercapaian aspek mengamati sebesar 78 9%. Persentase ketercapaian aspek mengklasifikasi/ menggolongkan sebesar 78 9%. Persentase ketercapaian aspek memprediksi sebesar 84 2%. Selanjutnya persentase ketercapaian aspek mengkomunikasikan sebesar 89 4%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak TK B Negeri Pembina 2 Malang. Melihat keberhasilan ini disarankan guru dapat menggunakan metode eksperimen dalam pembelajarannya. Bagi peneliti lebih lanjut untuk mengembangakan keterampilan lainnya dengan menggunakan metode eksperimen. Karena penelitian ini terbatas pada keterampilan mengamati mengklasifikasi mempredikasi dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item