Penerapan permainan sirkuit kartu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan di kelompok A RA An Nur Gemenggeng Kabupaten Nganjuk / Dewi Fitriatul Laila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan sirkuit kartu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan di kelompok A RA An Nur Gemenggeng Kabupaten Nganjuk / Dewi Fitriatul Laila

Laila, Dewi Fitriatul (2017) Penerapan permainan sirkuit kartu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan di kelompok A RA An Nur Gemenggeng Kabupaten Nganjuk / Dewi Fitriatul Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laila Dewi Fitriatul. 2017. Penerapan Permainan Sirkuit Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan di Kelompok A RA AN NUR Gemenggeng Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Permainan sirkuit Kartu Pemahaman Konsep Bilangan Berdasarkan hasil pengamatan tampaknya anak kelompok A masih belum menunjukkan kemampuan tentang pemahaman pada konsep bilangan pada indikator mengenal lambang bilangan dan menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangannya hal tersebut berdasarkan data yang menunjukkan 10 dari 22 anak belum mampu mengenal lambang bilangan dan 14 dari 22 anak belum mampu menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan permainan sirkuit kartu yang dilaksanakan melalui delapan tindak pembelajaran guru (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep bilangan pada anak yang diperoleh dengan diterapkannya permainan sirkut kartu Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keefektifan lembar observasi keefisienan dan lembar observasi kemenarikan serta lembar observasi tindak pembelajaran guru. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan sirkuit kartu diterapkan melalui delapan tindak pembelajaran guru dan dapat meningkatkan capaian belajar pemahaman konsep bilangan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah anak yang menunjukkanpada siklus I terdapat 18 anak mencapai indikator mengenal lambang bilngan dan 16 anak dapat mencapai indikator menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangannya pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 21 anak mencapai indikator I dan 20 anak mencapai Indikator II. Capaian belajar lain anak juga mengalami peningkatan dengan diterapkannya permainan sirkuit kartu. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan sirkuit kartu dapat dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak dan capaian belajar lainnya. Peneliti memberikan saran pada guru untuk memperhatikan lagi tindak pembelajaran yang dilakukan dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengambangkan permainan sehingga dapat memperoleh peningkatan yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8465

Actions (login required)

View Item View Item