Upaya peningkatan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran kolase dengan media bahan alam di Kelompok A KB ÔÇô K Taman Indria 01 Malang / Diah Suci Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran kolase dengan media bahan alam di Kelompok A KB ÔÇô K Taman Indria 01 Malang / Diah Suci Rahmawati

Rahmawati, Diah Suci (2017) Upaya peningkatan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran kolase dengan media bahan alam di Kelompok A KB ÔÇô K Taman Indria 01 Malang / Diah Suci Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Diah Suci. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Pembelajaran Kolase Dengan Media Bahan Alam Di Kelompok A KB TK Taman Indria 01 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata Kunci kemampuan motorik halus pembelajaran kolase media bahan alam. Berdasarkan hasil observasi pra tindakan ditemukan permasalahan pada kemampuan motorik halus anak. Permasalahan tersebut yaitu anak belum bisa menempel potongan gambar atau kolase gambar dengan tepat dan rapi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran kolase dengan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus di kelompok A KB - TK Taman Indria 01 Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus hasil dari implementasi pembelajaran kolase dengan media bahan alam di kelompok A KB - TK Taman Indria 01 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kolase dengan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pembelajaran kolase dimulai dengan anak meletakkan lem pada kertas buffalo kemudian anak menempel bahan alam pada kertas yang sudah diberi lem. Hasil peningkatan dapat dilihat dari persentase keberhasilan klasikal anak pada setiap tahap. Pada pembelajaran pra tindakan jumlah anak yang telah berkembang sebanyak 6 anak dengan persentase 33 3% siklus I sebanyak 8 anak dengan persentase 41 65% dan siklus II sebanyak 16 anak dengan persentase 83 35%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran kolase dengan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A KB TK Taman Indria 01 Malang. Maka disarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran kolase dengan media bahan alam sebagai salah satu cara atau alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item