Peningkatan kemampuan bahasa anak Kelompok B2 melalui penggunaan media pasir dalam pembelajaran di TK PKK Bandulan Malang / Dinda Ayu Setiya Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bahasa anak Kelompok B2 melalui penggunaan media pasir dalam pembelajaran di TK PKK Bandulan Malang / Dinda Ayu Setiya Ningrum

Ningrum, Dinda Ayu Setiya (2017) Peningkatan kemampuan bahasa anak Kelompok B2 melalui penggunaan media pasir dalam pembelajaran di TK PKK Bandulan Malang / Dinda Ayu Setiya Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayu Setiya Ningrum Dinda. 2017. Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B2 Melalui Penggunaan Media Pasir dalam Pembelajaran di TK PKK Bandulan Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi W. M Pd (II) Evania Yafie S.Pd. M. Pd. Kata Kunci Perkembangan Bahasa Media pasir Pembelajaran Kemampuan bahasa yang berkembang baik memudahkan anak untuk berkomunikasi secara mandiri dengan lingkungannya. Ciri perkembangan awal anak yang diteiti adalah anak kurang fokus mendengar penjelasan dari guru hal ini dibuktikan bila anak diberikan pertanyaan seputar cerita atau penjelasan anak belum mampu menjawap dengan benar. Masalah lain juga muncu terkait kemampuan membaca dan menulis yang belum diarahkan pada kemampuan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia TK B yaitu kemampuan membaca gambar dan pemahaman fonetik sintaksis. Seting ruangkelas yang formal seperti di SD dan pembelajaran yang menggunakan LK membuat perkembangan bahasa anak belum berkembang maksimal. Media pasir digunakan untuk alat belajar sehingga anak mampu mengkonstruk pemahaman mengenai bahasa. Media pasir adalah alat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaannya memiliki manfaat yaitu untuk meningkatkan seluruh aspek kemampuan bahasa anak yaitu kemampuan mendengar berbicara menulis dan membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan langkah kegiatan belajar menggunakan media pasir sehingga mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak TK B2. Di laksanakan untuk menunjukkan hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan menggunakan media pasir apakah telah meningkatkan kemampuan bahasa anak TK B2. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif. Menggunakan model siklus Mc Tagar dengan bagan Siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan dengan jangka waktu per siklus dikerjakan selama 1 bulan yaitu bulan April. Analisis data Kualitatif untuk mendeskripsikan data hasil penelitian dari awal sampai akhir serta analisis data Kuantitatif untuk menunjukkan angka dan prosentase besarnya peningkatan kemampuan bahasa yang muncul. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi lembar observasi keterampilan guru mengajar dan lembar observasi perkembangan bahasa anak serta catatan anekdot. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pendukung mengenai perkembangan bahasa anak selama penelitian dan setelah penelitian. Data dokumentasi yang dikumpulkan berupa foto video RPPH data hasil observasi dan catatan anekdot. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai capaian perkembangan bahasa anak dan perkembangan keterampilan guru mengajar selama proses penelitian. Catatan anekdot digunakan untuk melihat proses perkembangan dan kemunduran anak saat belajar sehingga mudah diadakan perbaikan proses pembelajaran Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan bahwa implementasi penggunaan pasir dalam kegiatna pembelajaran adalah sebagai berikut Langkah kegiatan yang dilakukan selama penelitian adalah 1) menceritakan tema pembelajaran hari ini dengan media gambar oleh guru 2) penjelasan huruf dan kata dalam kartu gambar 3) anak menggambar dan menulis diatas pasir sesuai perintah yang didengar 4) anak membunyikan huruf dan kata yang mereka tulis 5) guru menghilangkan 3 huruf dalam tulisan kemudian anak menyebutkan huruf yang hilang dan menulisnya kembali. terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak TK B2. Sehingga terjadi peningkatan dengan perolehan data pratindakan dengan presentase rata-rata kelompok B2 sebesar % naik pada Siklus I sebesar 4 44% menjadi 75 56% dan pada Siklus II naik sebesar 17 44% menjadi 93 00%. Maka media pasir dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran bagi guru/pendidik dapat menggunakan media pasir untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B2. Skripsi ini dapat memperkuat teori tentang keterampilan bahasa anak yang bisa berkembang baik menggunakan media pasir. Bagi peneliti lanjutan dapat menjadi gambaran kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dan kemampuan lain yang termasuk dalam 6 aspek perkembangan anak melalui media pasir. Bagi orangtua penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan untuk metode pengembangan bahasa bagi anak usia dini sehingga bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak usia taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item