Peningkatan kemampuan keaksaraan awal bagi anak usia 5-6 tahun melalui bermain congklak huruf di TK Al Ikhsan Malang / Fidha Mutiara Sri Mardi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan keaksaraan awal bagi anak usia 5-6 tahun melalui bermain congklak huruf di TK Al Ikhsan Malang / Fidha Mutiara Sri Mardi Putri

Putri, Fidha Mutiara Sri Mardi (2017) Peningkatan kemampuan keaksaraan awal bagi anak usia 5-6 tahun melalui bermain congklak huruf di TK Al Ikhsan Malang / Fidha Mutiara Sri Mardi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Fidha Mutiara Sri Mardi.2017.Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Bagi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Congklak Huruf Di TK Al Ikhsan Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd Kata kunci Keaksaraan awal bermain congklak huruf Kemampuan keaksaraan awal pada anak B (5-6) TK Al Ikhsan Malang belum optimal. Hasil observasi terdapat 1) Tujuh dari lima belas anak belum mampu menyebutkan simbol-simbol huruf 2) Enam dari lima belas anak belum mampu membedakan simbol huruf. Hal tersebut dikarenakan belum diterapkannya prinsip belajar sambil bermain sehingga peneliti memilih bermain congklak huruf untuk meningkatkan kamampuan keaksaraan awal anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan bermain congklak huruf untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di TK Al Ikhsan Malang 2) Apakah penerapan bermain congklak huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di TK Al Ikhsan Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemis MC. Taggart dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan anak dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak di TK Al Ikhsan Malang. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa dengan bermain congklak huruf kemampuan keaksaraan awal anak dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan pencapaian kemampuan keaksaraan pada siklus I sebesar 59.5 % sedangkan pada siklus II 83%. Peningkatan presentase pencapaian kemampuan keaksaraan kelas dari siklus I dan siklus II sebesar 23.5%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa bermain congklak huruf terbukti dapat meningkatkan kemampuan keasaraan awal pada anak dengan menggunakan cara bermain dan aturan yang telah disusun. Melihat keberhasilan ini maka disarankan agar para guru dan orang tua dapat menggunakan congklak huruf ini untuk meningkatkan keaksaraan anak. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan congklak huruf untuk melihat peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak dan dapat lebih menyempurnakan lagi aturan bermain dan media yang digunakan agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item View Item