Meningkatkan kemampuan sosial emosional padsa anak TK B melalui media mozaik di TK Dharma Wanita Maliran 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Rizki Candra Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan sosial emosional padsa anak TK B melalui media mozaik di TK Dharma Wanita Maliran 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Rizki Candra Pratiwi

Pratiwi, Rizki Candra (2017) Meningkatkan kemampuan sosial emosional padsa anak TK B melalui media mozaik di TK Dharma Wanita Maliran 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Rizki Candra Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Rizki Candra.2017. Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Tk B Melalui Media Mozaik Di Tk Dharma Wanita Maliran02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H.Zainuddin M.Pd (II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci anak usia dini perkembangan sosial emosional media mozaik Hasil observasi media yang digunakan kurang bervariasi dan kurang menarik minat anak dalam pembelajaran sosial emosional. Salah satu bukti kurang tertariknya anak dalam pembelajaran yaitu anak mengganggu teman lain dan asyik bermain sendiri. Padahal dalam pembelajaran ini diperlukan perhatian anak saat guru menjelaskan. Media pembelajaran yang digunakan guru membuat anak kurang aktif sehingga hanya terjadi interaksi satu arah. Ada 16 orang akan tetapi hanya ada 5 anak yang mau megikuti pembelajaran dengan baik Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan penerapan media mozaik untuk diperlukan meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak Tk B di Tk Dharma Wanita maliran 02 kecamatan Ponggok kabupaten Blitar dan peningkatan kemampuan sosial emosional kelompok TK Dharma Wanita Maliran 02 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindak kelas (PTK) . Data penelitian berupa hasil yang dipaparkan. Pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observarsi tehnik wawancara tehnik dokumentasi serta tehnik catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa instrumen lembar aktivitas guru lembar aktivitas anak lembar kempuan sosial emosional anak dan lembar keterampilan anak melalui media mozaik manik-manik lembar wawancara dan lembar catatan lapangan. Penerapan media mozaik manik-manik dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Dari pertemuan pra tindakan mencapai 68 75% dengan kriteria ketuntasan cukup. Pada siklus I aktivitas guru sudah mencapai 100% . Aktivitas anak 34%. Kemampuan sosial emosional anak 71 85%.Keterampilan anak 71 85% .Pada siklis II aktivitas guru mencapai 100%. Aktivitas anak 93 75%. Kemampuan sosial emosional anak 78 13%. Keterampilan anak 87 5%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut yang adalah Penerapan mozaik manik-manik dapat meningkatkan sosial emosional anak kelompok B tahun di TK Dharma Wanita Maliran 02 kecamatan Ponggok kabupaten Blitar. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas peningkatan antusias anak dalam menyelesaikan kegiatan peningkatan perhatian anak dalam mengikuti kegiatan. Dan juga ada saran Seharusnya pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru sehingga anak akan lebih fokus dalam kegiatan.aturan dalam kegiatan hendaknya di sederhakan agar agar anak lebih mudah memahami. ABSTRACT Pratiwi Rizki Candra.2017. Improving Social Emotional Ability in Children B through Mosaic Media In Tk Dharma Wanita Maliran02 Ponggok Sub-district Blitar District. Thesis Department of Primary School And Preschool Faculty of Education State University of Malang. Counselor (I) Prof.Dr.H.Zainuddin M.Pd (II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Keywords early childhood emotional social development mozaic media The results of media observations used are less varied and less attractive to children in emotional social learning. One of the evidence less interested children in learning that children disturb other friends and fun to play alone. Whereas in this learning required attention of the child when the teacher explained. Learning media used by teachers make children less active so there is only one-way interaction. There are 16 people but there are only 5 children who want to follow the learning well This research was conducted with the aim to describe the application of media mosaic to be needed to improve emotional social abilities in children Tk B in Tk Dharma Wanita maliran 02 sub district Ponggok Blitar district and improvement of social ability Emotional group of kindergarten Dharma Wanita Maliran 02 District Ponggok Blitar. This research uses a quantitative approach with classroom action research (PTK). Research data in the form of presented results. Data collection using observational techniques interview techniques documentation techniques and field note techniques. Instruments used in data collection are teacher activity sheet instrument child activity sheet social emotional social sheet and children skill sheet through beads mosaic media interview sheet and field note sheet. The application of beads mosaic media can enhance the child s emotional social abilities. From the pre-action meeting reached 68.75% with sufficient mastery criteria. In the first cycle of teacher activity has reached 100%. Children activity 34%. The emotional social ability of children is 71.85%. Child skill is 71.85%. In cyclical II the teacher activity reaches 100%. Children activity 93.75%. Child s emotional social ability is 78.13%. Child Skills 87.5%. Based on the results of data analysis can be obtained the conclusion of research results as follows which is the application of beads mosaic can improve social emotional child group B years in kindergarten Dharma Wanita Maliran 02 district Ponggok district Blitar. This can be seen from the increase of activity the increase of children enthusiastic in completing the activity the increase of children s attention in following the activity. And also there are suggestions It should be not only teacher-centered learning so that children will be more focused in activities. Rules in activities should be simplified so that children more easily understand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item