Peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok B melalui permainan ular tangga teka-teki di RA Halimah Assa'diyah Buntaran Kabupaten Tulungagung / Merry Abdullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok B melalui permainan ular tangga teka-teki di RA Halimah Assa'diyah Buntaran Kabupaten Tulungagung / Merry Abdullah

Abdullah, Merry (2017) Peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok B melalui permainan ular tangga teka-teki di RA Halimah Assa'diyah Buntaran Kabupaten Tulungagung / Merry Abdullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdullah Merry. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Melalui Permainan Ular Tangga Teka-Teki di RA Halimah Assa diyah Buntaran Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci kemampuan berbahasa kelompok b permainan ular tangga teka-teki Bermain adalah inti pembelajaran anak usia dini. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di RA Halimah Assa diyah Buntaran Kabupaten Tulungagung ditemukan bahwa kemampuan berbahasa anak masih rendah yaitu 35 3% pada kemampuan membaca kata dan 41 2% pada kemampuan menulis kata. Hal ini disebabkan karena media yang digunakan hanya majalah serta kurangnya permainan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan permainan ular tangga teka-teki dan peningkatan kemampuan berbahasa pada anak kelompok b. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Teknik ini dilakukan melalui 3 tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan ular tangga teka-teki dapat meningkatkan aktivitas guru anak dan kemampuan berbahasa anak. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari baik (70%) menjadi sangat baik (100%) karena guru melaksanakan pembelajaran sesuai langkah-langkah permainan dengan runtut. Diikuti dengan peningkatan aktivitas anak dari cukup (47 6%) menjadi baik (80%). Hal ini juga mempengaruhi kemampuan berbahasa anak (membaca dan menulis kata). Pada kemampuan membaca kata terjadi peningkatan nilai rata-rata anak dari 57 3 dengan ketuntasan klasikal kurang (35 3%) menjadi 82 8 dengan ketuntasan klasikal sangat baik (88 2%). Kemampuan menulis kata juga meningkat dari rata-rata 59 6 dengan ketuntasan klasikal cukup (41 2%) menjadi 83 8 dengan ketuntasan klasikal sangat baik (88 2%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan ular tangga teka-teki yang dilaksanakan guru dengan sangat baik dan diikuti anak dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak meliputi kemampuan membaca kata dan menulis kata. Sehingga disarankan kepada guru untuk menerapkan permainan ular tangga teka-teki pada pengembangan aspek yang lain khususnya pada kemampuan berbahasa anak kelompok b.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8452

Actions (login required)

View Item View Item