Penerapan metode eksperimen pada pengenalan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar / Nila Lestaluhu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode eksperimen pada pengenalan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar / Nila Lestaluhu

Lestaluhu, Nila (2017) Penerapan metode eksperimen pada pengenalan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar / Nila Lestaluhu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestaluhu Nila. 2017. Penerapan Metode Eksperimen Pada Pengenalan Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A2 Di TK Negeri Pembina Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Lilik Bintartik M.Pd (II) Dra. Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci metode eksperimen pengenalan sains kemampuan kognitif. Berdasarkan observasi diketahui bahwa perkembangan kognitif belajar dan pemecahan masalah kurang maksimal. Anak kurang tertarik dengan kegiatan yang dilakukan guru. Ketuntasan anak menjawab apa yang terjadi dari berbagai kemungkinan secara sederhana hanya mencapai 36 4% atau 4 anak saja sedangkan 63 6% atau 7 anak lainnya mengalami kesulitan. Faktor penyebabnya antara lain penggunaan media pembelajaran kurang menarik. Anak kurang diberi kesempatan dan motivasi untuk mengemukakan idenya terkait sesuatu yang terjadi dihadapannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode eksperimen pada pengenalan sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode eksperimen di kelompok A2 TK Negeri Pembina Kepanjenkidul kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data menyajikan data dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen oleh guru pada siklus I sampai siklus II sangat baik (100%). Aktivitas anak pada pratindakan kurang baik (47 7%) siklus I cukup baik (62 7%) dan siklus II sangat baik (90 9%). Peningkatkan kemampuan kognitif pemecahan masalah mengalami peningkatan secara bertahap. Pada Pratindakan ketuntasan sangat kurang (36 4 %) siklus I cukup (63 6%) dan siklus II ketuntasannya sangat baik (90 9%). Penerapan metode eksperimen yang dilaksanakan oleh guru dan anak sangat baik dapat meningkatkan kemampuan kognitif pemecahan masalah dengan sangat baik pula. Penerapan metode eksperimen juga mampu meningkatkan perkembangan sikap dan keterampilan. Perkembangan sikap meliputi menghargai alat percobaan kepatuhan terhadap guru dan ketelitian. Sedangkan keterampilan meliputi membereskan alat dan aktivitas dalam eksperimen. Berdasarkan penelitian disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum dipraktikkan bersama anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8451

Actions (login required)

View Item View Item