Peningkatan pengetahuan bentuk geometri anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media flashcard di TK Al Hidayah Ringinanom 01 Kabupaten Blitar / Illa Allaida Ratmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pengetahuan bentuk geometri anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media flashcard di TK Al Hidayah Ringinanom 01 Kabupaten Blitar / Illa Allaida Ratmania

Ratmania, Illa Allaida (2017) Peningkatan pengetahuan bentuk geometri anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media flashcard di TK Al Hidayah Ringinanom 01 Kabupaten Blitar / Illa Allaida Ratmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratmania Illa Allaida. 2017. Peningkatan Pengetahuan Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Media Flashcard di TK Al Hidayah Ringinanom 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Alif Mudiono M. Pd. (II) Dra. Lilik Bintartik M. Pd. Kata Kunci Anak Usia 4-5 Tahun Pengetahuan Bentuk Geometri Media Flashcard Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Al Hidayah Ringinanom 01 Kabupaten Blitar pada anak usia 4-5 tahun ditemukan bahwa pengetahuan anak tentang bentuk geometri belum mencapai standart yang seharusnya. Diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) 11 dari 20 anak belum mampu membedakan bentuk geometri. (2) Kurangnya pengembangan dari guru tentang pengetahuan bentuk geometri. (3) Guru hanya terpaku pada majalah saat proses pembelajaran. (4) Proses pembelajaran belum teratur dan monoton. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan media flashcard dan peningkatan pengetahuan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan media flashcard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas guru anak dan pengetahuan anak tentang bentuk geometri. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari kurang (66%) baik (83%) menjadi sangat baik (100%) karena guru sudah melaksanakan semua langkah-langkah dengan baik. Untuk aktivitas anak mengalami peningkatan dari cukup (74 11%) baik (80%) sangat baik (90 8%) dan (95%). Sementara itu ketuntasan klasikal pengetahuan anak tentang bentu geometri mengalami peningkatan secara bertahap dari sangat kurang (45%) kurang (60%) cukup (70%) baik (85%) hingga sangat baik (95%). Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam menerapkan media flashcard sangat baik diikuti aktivitas anak bermain menggunakan media flashcard dengan sangat baik dapat meningkatkan pengetahuan bentuk geometri dengan sangat baik pula pada anak usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Ringinanom 01 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk menerapkan media flashcard dalam meningkatkan pengetahuan anak tentang bentuk geometri. ABSTRACT Ratmania Illa Allaida. 2017. Improvement Knowledge of Geometric Shapes of Children Aged 4-5 Years Using Flashcard in Kindergarten Al Hidayah Ringinanom 01 Regency Blitar. Thesis Prodi S1 Teacher Education Early Childhood Education Department of Preschool and Basic Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Drs. H. Alif Mudiono M. Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M. Pd. Keywords Children Ages 4-5 Years Knowledge of Shapes Geometric Flashcard Based on observations made in Kindergarten Al Hidayah Ringinanom 01 Regency Blitar in children 4-5 years of age found that children s knowledge about geometric shapes has not yet reached the standard should be. Note There are some problems in the implementation of learning i.e. (1) 11 of 20 children have not been able to distinguish the geometry shape. (2) lack of knowledge about the development of geometric shapes. (3) Teachers are only glued to the magazine when the learning process. (4) the learning process has not been regular and monotonous. This research was carried outwith the aim to describe the application of media knowledge and improvement of flashcard media form geometry in children ages 4-5 years through the use of the flashcard media. This study used a qualitative approach to the type of class action research conducted in two cycles. Each consists of four stages i.e. the stage of planning implementation observation and reflection. Data collection is done with the interview techniques observations notes field and documentation. The results showed that the application of the flashcard media can increase the activity of the teacher the child and the child s knowledge about geometric shapes. Teacher experience increased activity of less (66%) good (83%) be very good (100%) because the teacher already carry out all the steps properly. Activity for children has increased from enough (74.11%) good (80%) very good (90.8%) and (95%). Meanwhile ketuntasan classical children s knowledge about bentu geometry has increasedgradually from very less (45%) less (60%) enough (70%) good (85%) to very good (95%). It can be concluded that the activity of the teachers in implementing excellent flashcard media followed the activity of children playing using flashcard with very good flashcard media can increase knowledge of shapes geometric with very good also at children aged 4-5 years in kindergarten Al Hidayah Ringinanom 01 Regency Blitar. Based on the research results it is recommended to apply flashcard media in improving children s knowledge about geometric shapes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8449

Actions (login required)

View Item View Item