Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara di Kelompok A TK ABA 20 Kota Malang / Eka Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara di Kelompok A TK ABA 20 Kota Malang / Eka Mardiana

Mardiana, Eka (2017) Pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara di Kelompok A TK ABA 20 Kota Malang / Eka Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana Eka. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbiacara Anak Kelompok A TK ABA 20 Kota Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd Kata Kunci Penggunaan Media Boneka Tangan Kemampuan Berbicara. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data yaitu 1) 75 persen anak kelompok A belum dapat memahami cerita yang diceritakan 2) anak belum dapat menceritakan isi cerita 3) penggunaan boneka tangan yang belum maksimal 4) anak belum mampu berbicara/bercerita di depan kelas 5) anak belum dapat mengungkapkan pendapat di depan umum. Berdasarkan data yang telah di peroleh dari hasil wawancara yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berbicara anak kelompok A di TK ABA 20 Malang kurang berkembangnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Mendiskripsikan kemampuan berbicara anak kelompok A sebelum menggunakan media boneka tangan (2) Mendiskripsikan kemampuan berbicara anak kelompok A sesudah menggunakan media boneka tangan (3) Menjelaskan pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA 20 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain eksperimen yang digunkaan yaitu Nonequivalent Control Group Design yaitu pada kelas eksperimen dan kontrol diberi pre-test dan post-test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini adalah seluruh murid kelompok A TK ABA 20 kota Malang. Terdapat 2 kelas dan kelompok A1 dan A2 sebanyak 22 anak terdiri dari 11 anak dikelas A1 dan 11 anak di kelas A2. Penelitian ini menggunkaan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampel. Sampel yang digunakan yaitu seluruh anak kelompok A TK ABA 20 Kota Malang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi berupa chek list skor hasil pre-test dan post-test serta dokumentasi yaitu RPPH. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan kendall s tau. Berdasarkan analisis data tersebut terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara. Diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0 000 hasil tersebut lebih kecil dari 0 05 dapat ditarik kesimpulan bahwa H_ 952 ditolak dan H_a diterima berarti media boneka tangan berpengaruh baik terhadap kemampuan berbicara. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK ABA 20 Kota Malang. Disarankan bagi guru yaitu agar guru dapat menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. ABSTRACT Mardiana Eka. 2017. The Impact of Hand Puppets Media Usage Toward Speaking Ability of Children Group A ABA 20 Malang City. Minor Thesis. Study Program of Early Childhood Education Department of Primary School and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Counselor (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Sandy Tegariyani Putri S S.Pd M.Pd Keywords Hand Puppets Media Usage Speaking Abilities. Based on the observation results obtained data are 1) 75% of children in group A could not understand well about the story which have been heard 2) the children could not tell the story 3) the use of hand puppets has not been maximized yet 4) the children have not been able to speak or tell the story in front of the class 5) the children have not been able to express his opinion publicly. Based on the data that has been obtained from the interviews it can be concluded that the speaking abilities of children in group A TK ABA 20 Malang is less developed. The aims of this study are (1) Describing the speaking ability of children in group A before using hand puppet media (2) Describing the speaking ability of children group A after using hand puppet media (3) Explaining the effect of hand puppet media usage on children group A TK ABA 20 Malang. This research uses quasi experiment design. The experimental designs which used are Nonequivalent Control Group Design for experimental class while the control class is given pre-test and post-test. The population which used in this study is all the students of group A TK ABA 20 Malang. There are 2 classes those are A1 and A2. A1 class consist of 22 children while A2 consist of 11 children. This research uses purposive sampling technique. The samples of this study are all children group A TK ABA 20 Malang. The instruments which used are pertest and postest checklist score of observation form and documentation form such as RPPH (study plans). The technique of data analysis for this study is prerequisite test and research hypothesis test by Kendall s Tau. Based on the data analysis there is a significant impact between the use of hand puppet media toward the speaking abilities of children Group A. Sig results obtained (2-tailed) 0.000 result is smaller than 0.05 that s why it can be concluded that H 952 is rejected and Ha is accepted. And it means that the usage of hand puppet media have a significant effect toward speaking abilities of children. Based on the prior data it can be concluded that the hand puppet media usage has a significant impact toward the speaking abilities of children group A in TK ABA 20 Malang. It is recommended for teachers to use hand puppet media while improving children s speaking abilities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item