Pengembangan media happy sand box untuk menstimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun / Septiandri Wildaniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media happy sand box untuk menstimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun / Septiandri Wildaniati

Wildaniyati, Septiandri (2017) Pengembangan media happy sand box untuk menstimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun / Septiandri Wildaniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wildaniyati Septiandri. 2017. Pengembangan Media Happy Sand Box untuk Menstimulasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Falkultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs I Wayan Sutama M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd Kata Kunci menulis permulaan media pembelajaran happy sand box. Kegiatan belajar anak adalah dengan bermain dengan menggunakan media maupun tanpa media. Penggunaan media yang tepat akan membuat anak senang dan berkembang dengan lebih optimal. Kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran masih dapat ditemui dibanyak lembaga pendidikan anak usia dini. Salah satunya terjadi ketika peneliti melakukan observasi di TK Kartika IV-1 dan Kartika IX-41 Malang. Kurangnya variasi penggunaan media cenderung terjadi pada saat kegiatan menulis permulaan. Ketika kegiatan menulis permulaan anak lebih sering berpacu pada LKA setiap hari walaupun dengan tema yang berbeda. Hal ini menyebabkan anak kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran keinginan bergurau dengan teman masih cukup tinggi dan mengerjakan tugas masih belum terarah dan terburu-buru agar cepat selesai karena ingin cepat bermain dengan permainan yang lebih disukai. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media happy sand box yang merupakan media pembelajaran menulis permulaan yang efektif efisien dan menarik untuk anak usia 4-5 tahun. Pengembangan media happy sand box ini mengacu pada model pengembangan Dick and Carey yang dilaksanakan sampai langkah ke-9. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian pengembangan ini adalah angket lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian pada tahap ahli adalah 2 ahli media dan 2 ahli pembelajaran anak usia dini. Subjek penelitian pada tahap uji kelompok kecil adalah guru dan 10 anak kelompok A TK Kartika IV-1 Malang sedangkan subjek uji kelompok besar adalah guru dan 33 anak kelompok A TK Kartika IX-41 Malang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka media happy sand box yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media menulis permulaan untuk anak usia 4-5 tahun yang efektif efisien dan menarik dengan beberapa revisi. Setelah dilakukan penyempurnaan produk maka dihasilkan mediahappy sand boxyang merupakan media bak pasir mini berbentuk koper dengan ukuran 40x30 cm dengan tiga sekat di dalamnya yang berisi pasir kerikil dan alat tulis. Pada bagian tutup terdapat sekat dan papan yang dapat digunakan sebagai papan tulis untuk menunjang kegiatan menulis permulaan yang akan dilakukan dengan menggunakan media. Desain luar media berbentuk kucing yang diharapkan dapat menarik minat anak terhadap media dengan melihat desain luar media. Pada pemanfaatan media happy sand box ini perlu mempertimbangan situasi sekolah usia dan tingkat kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item