Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan merince pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Waung II Kabupaten / Ria Yuni Kriswintari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan merince pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Waung II Kabupaten / Ria Yuni Kriswintari

Kriswintari, Ria Yuni (2017) Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan merince pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Waung II Kabupaten / Ria Yuni Kriswintari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kriswintari Ria Yuni. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Pada Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Waung II Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Suminah S.Pd. M.Pd.(II) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan motorik halus meronce Hasil observasi terhadap proses pembelajaran pada kelompok B TK Dharma Wanita Waung II Kabupaten Tulungagung diketahui terdapat beberapa permasalahan yaitu (1) pembelajaran yang terjadi monoton (2) kurangnya penggunaan media (3) motorik halus anak yang masih kurang (4) kurangnya kegiatan bermain dalam pembelajaran.Dampaknya dari 15 anak yang kemampuan motorik halusnya kurang adalah 12 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan meronce di Kelompok B dan mendeskripsikan peningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita Waung II Kabupaten Tulungagung melalui kegiatan meronce. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obeservasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan kegiatan meronce untuk meningkatkan motorik halus mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan aktivitas Guru pada Siklus I mencapai (62 5%) Siklus II mencapai (100%) sehingga mengalami peningkatan (37 5%). Sedangkan Aktivitas anak pada Siklus I mencapai (62 5%) Siklus II mencapai (87 5%) sehingga mengalami peningkatan (25%). Ketuntasan kemampuan motorik halus anak meningkat dari pratindakan dengan kriteria sangat kurang (20%) Siklus Idari kriteria sangat kurang (36%) Siklus IImenjadi sangat baik (86 5%) sehingga mengalami peningkatan (50 5%).Hasil akhir pada Siklus II Dari 15 anak ada 1 anak yang belum tuntas karena pada aspek keserasian memilih warna masih bingung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan meronce dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita Waung II Kabupaten Tulungagung. Disarankan agar guru dapat menerapkan kegiatan meronce untuk meningkatkan motorik halus. ABSTRACT Kriswintari Ria Yuni. 2017. Improvement of Fine Motor Skills of Children Through Sewing Activities in Group B Dharma Wanita Waung II Kindergarten Tulungagung Regency. Sarjana s thesis S1 Studies Teacher Educaion EarlynChildhood Education Departmen of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Advisor (1) Suminah S.Pd. M.Pd (II) Suwarti S.Pd. M.Pd Keywords improvement fine motor sewing The result of observation on learning process in group B Dharma Wanita Waung II Kindergarten Tulungagung Regency. Known there are some problems that is (1) Monotonous learning (2) the lack of use of the media (3) Fine motor child is still lacking (4) lack of play activities in learning. The impact of 15 children with less fine motor skills is 12 children. This study aims to describe meronce activities in group B and Describes the enhancement of fine motor abilities of children through sewing activities in group B Dharma Wanita Waung II Kindergarten Tulungagung Regency. The approach used in this research is a qualitative approach to the type of classroom action research. The research was conducted in two cycles is Cycle I and cycle II which each cycle consists of four stages namely Stages of planning implementation observation and reflection. Data collection is done with Using observation techniques interviews field notes and documentation. The results of the application of sewing activities for Improved fine motor has increased. This is evidenced by Teachers activity In Cycle I reached (62 5%) Cycle II reaches (100%) so it has increased (37 5%). While the activity of children in Cycle I reached (62.5%) Cycle II reached (87.5%) so that the increase (25%). Completeness of the fine motor skills of children increased from pratindakan with very less criteria (20%) Cycle Idari criterion is very less (36%) Cycle II becomes very good (86 5%) so that increase (50 5%). The final result in Cycle II Of the 15 children there is 1 child who has not completed because of On the aspect of harmony choose the color still confused. Based on research results It can be concluded that the application of sewing activities can improve the fine motor of the children in group B Dharma Wanita Waung II Kindergarten Tulungagung Regency. It is recommended that teachers can apply sewing activities to improve fine motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item