Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kreativitas berpikir anak dalam menerima pelajaran IPA di SD Kecamatan Blimbing Malang <BR>oleh Rini Setyowati

Setyowati, Rini (2002) Pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kreativitas berpikir anak dalam menerima pelajaran IPA di SD Kecamatan Blimbing Malang <BR>oleh Rini Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyowati,Rini.20P0e2m an/anluMn et{iaG amhgr( IntukM eningkalkanK reativitn,s BerpikirA nakl )ulant MenerimaP elaictranIP A & SD Se- Kecamatan Blimbi ng Mala ng.Skips.il urusanT eknologPr endidikan,FIPU niversitas Negeri Malang Pembimbin:g( l) Drs.UseKp usriawan,M.S(2n),D rsS adaruddin. KataK unci : PemanfaatanM, ediaG ambar,Kreativitabse rpikir Melihatp entingnyap erananm ediap embelajaradna lamd unia pendidikan.Ditunatudta nyak emampuanp rofesionadl ari parag tru dalam memanfaatkamne dia,u ntuk meningkatakank leativitasb erpikir anak.Baiky ang sudadhi sediakasne kolahm aupunm engembangkannya,setnadnipria m enutup kemungkinapne nggunaaanl at- alat modem.Seoranggu rut idak hanyad itrmtut memilikki emampuakne mediaan.Tetahpair usm emelikik etrampiladna lamm emilih danm enggunakamne dia.Tujuapne nelitianin i untukm enemukana .lasapne manfaatan mediag ambar,faktoyra ngm endasargi urud alamp emanfaatamn edia gambar.Kesulit-a kne sulitany angd ihadapdi alamp emanfaatamn ediag ambard alam pmbelajaranIP A kelasI II sampaki elasV l SD SeK ecamatanB limbingM alang. Penelitiani ni menggunakanm etoded eskiptif survai.Denganp opulasig uru kelasII I sampagi uruk elasV l SD SeK ecamatanB limbingM alangP engambilasa pel uotukp enelitranin i sebanyak3 2 respondeny angm erupakans ampetl otal. Pengumpuladna tam enggunakatne knik angketd ano bservasi.Sedangkuannt uk menganalidsai tanyam enggunakatne knik angketd an observassi tatistikd eskipif dengapnr osentase. Hasilp enelitianm enunjukkanb ahwa( I ) Faktor- faktory angm endasari pÔé¼manfaatamne dia gambara dalahs ebagranb esarg uru menyatakanm emiliki kemampuamne manfagl-kamne diag ambar,diperoledha ri pendidikanfo rmal.Dalam pmbelajaranlP A,se6granb esarg urus eringm emanfaatkamn ediag ambar disesuaikadne ngantu juanp embelajarayna ngi ngindicapai,dasne bagianb esarg uru selalum emanfaatkamn ediag ambard isesuaikadne ngank araltleristiks iswaS. ebagian besagr urus eringm emanfaalkamn ediag ambard apatm emabantum emperjelas pemamhamasins wa.Sebagiabne sarm emilihm ediag ambard isesuikand engana nak didiky angb elajar.I( ) Dalamh al lain yangh arusd ilakukang urud alamm emanfatkan mediag ambahr ampirs eluruhnyag urum vmeri\sat erlebihd ahulum ediay anga kan digunakan(2K)e tepatanp rosedupr emanfaatamq ediag ambara dalahs ebagiabne sar gurum elakukank egiatanp embukaanp embelajarante rgolongs angat epat,dan sebagiakne cil gurum elakukank egiatanin ti pembelajaratne rgolongs angatte patd an tepat.Sebagrakenc il guru melakukanp enutupanp embelajarante rgolong sangat tepat.Sebagakienc il gurum elakukanti ndak lanjutp emanfaatamn ediag ambar memanfaatkmane diag ambars @arak lasikal.Sehubungadne nganp ersiapang uru dalamm emanfaatkamne diag ambars ebagianb esarm enelitik elengkapamn edia gambaitru sendiri.Sehubungdaenn gank egiatang urus elamam emafaatkamn edia gambamr enjelaskamn ateris ejelasm ungkind anm emberip eke4aanru mah;(3) Fakto-r faktory angm empengaruhkiu alitasp elaksanaapne manfaatmn ediag ambar dalamp ernbelajaraInP A adalahs ebagaiagnu rum erasas angast enangd ans ebagian gurum erasas enang.Memanfaatkamne diag ambar,hapirs eluruhnyag uru meyatakan kondisai naka dad alamk eadaanb aik,sebagiagnu rum enyalakank ondisil ingkungan padas aatm emanfaatkanm ediag ambardalamp embelajarans angat mendukunSge. hubungadne ngank eterbatsamb ediag ambars ebagaiagnu ru menyalakaunk urang ambary angt erlalu kecil,sebagiang uru mennyatakan ketersediamne diag ambard i SD SeK ecamalamB limbingM alangk urangm emadai dalamp emanfaaunm ediag ambar;(4)K esulitany ang dihadapid alamp emanfaatan mediag ambaar dalahs ebagaabne sarg urum engernukakakna renab elumm engetahui kemampuamn emanfaatkanm ediag ambar,ketertundaapnÔé¼ nggumanm edia gambar adalahke tersediaanm edia gambary ang terbalas, dank arenakualitasg ambary ang kurangte pat;( 5) Usahay angd apatd itempuhd alam rangkam eng'atasakie sulitan pemanfaatmn ediag ambara dalahs ebagainb esarg uru dipeliharad enganp erawatan khususdanse rbagianb esard itempatkand iruangk elas.Usahay ang dilakukan guru mtuk mengataski sterbatasanm edia gambar,sebagang uru meningkatkan kemampuadna lamm embuat,memilihd an memanfaatkanm edia. Berdasarkanh asil penelitiand apatd isimpulkanb ahwa gwu belum sepenuhnya memanfaatkamne diag ambars ecarao ptimal,hali ni dikarenakanb anyaknyak endala yangd ihadapig urqdiantaranyak ualitas gambary ang kurangt epat,kurangrya kemamplang uru dalamm emanfaatkanm ediag ambar.Usahyaa ng ditempuhg wu dalamra ngkam engataski esulitan- kesulitant ersebut,sebagiabne sarg urub erusaha meningkatkakne mampuadna lamm embuamt emilihd anm emanfaatkan media.Dengadne rnikianm aka,penelitmi enyarankana garp ihak sekolahk hususnya guruu ntukl ebih meningkatkank emampuand ank reativitasnyam emanfaatkanm edia pernbelajarkahnu sumyam ediag ambar,sertpar haks ekolahle bihm eningkatkan mediap engadaanm ediag ambark hususnyau ntuk pembelajaranIP A kelasI II sampai kelasM SD SeK ecamatanB limbingM alang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item