Rahayu, Peny (2017) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui melukis bebas dengan jari pada Kelompok A di TK PKK Kepenjenlor Kota Blitar / Peny Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahayu Peny. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Melukis Bebas dengan Jari pada Kelompok A di TK PKK Kepanjenlor Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peningkatan motorik halus melukis dengan jari Hasil observasi di TK PKK Kepanjenlor Kota Blitar diperoleh informasi bahwa minat anak dalam pembelajaran motorik halus dapat dikategorikan kurang terlihat dari 14 anak sebanyak 4 anak atau 29% yang mampu melakukan kegiatan motorik halus dengan baik. Selebihnya terdapat 10 anak atau 71% yang masih mengalami kesulitan dalam kegiatan pengembangan motorik halus. Hasil observasi menemukan beberapa penyebab seperti (1) anak kelompok A masih belum terampil dalam mengoordinasikan gerak jari-jari tangan dalam kegiatan motorik halusnya (2) anak masih belum terbiasa menggerakkan otot-otot jari tangannya untuk kegiatan motorik (3) tingkat konsentrasi anak seringkali menurun (4) anak cenderung lebih tertarik pada kegiatan pengembangan motorik kasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek perkembangan fisik motorik khususnya pada kemampuan motorik halus melalui melukis bebas dengan jari pada anak kelompok A TK PKK Kepanjenlor Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik halus anak melalui melukis bebas dengan jari mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan (1) persentase aktivitas guru siklus I sebesar 75% dan mengalami peningkatan 25% pada siklus II menjadi 100% (2) persentase aktivitas anak siklus I sebesar 50% dan mengalami peningkatan 32% menjadi 82% (3) penilaian sikap siklus I sebesar 39 5% dan mengalami peningkatan 46 5% menjadi 86% (4) penilaian pengetahuan siklus I sebesar 28% dan mengalami peningkatan 58% menjadi 86% dan (5) penilaian keterampilan siklus I sebesar 64% dan mengalami peningkatan 18% menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan melukis bebas dengan jari dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Melalui penerapan kegiatan pembelajaran yang variatif dapat meningkatkan minat anak dalam belajar. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan kegiatan melukis dengan jari khususnya pada pembelajaran motorik halus supaya dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |