Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui permainan bowling di TK Al Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar / Tri Anis Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui permainan bowling di TK Al Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar / Tri Anis Hidayati

Hidayati, Tri Anis (2017) Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui permainan bowling di TK Al Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar / Tri Anis Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Tri Anis. 2017. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan Bowling Di TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd Kata Kunci meningkatkan bilangan permainan bowling Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tentang mengenal bilangan 1-10 anak kelompok A TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) dari 16 anak terdapat 12 anak yang belum mampu mengenal bilangan 1-10 (2) anak bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran mengenal bilangan 1-10 (3) anak belum paham mengenai nama bilangan dan lambang bilangannya (4) anak kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Faktor penyebab yang mempengaruhi permasalahan tersebut antara lain (1) kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (2) Kurangnya unsur bermain dalam kegiatan pembelajaran (3) Kegiatan pembelajaran yang monoton dan tidak bervariatif serta media pembelajaran yang minim seperti hanya menggunakan papan tulis dan buku lembar kerja siswa atau majalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan permainan bowling dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak kelompok A di TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obeservasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penggunaan permainan bowling dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik (81 25 %) dan diikuti anak dengan sangat baik (84 37 %). Peningkatan pada kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak melalui permainan bowling dari siklus I rata-rata nilai hasil belajar anak 70 81 dan persentase ketuntasan 62 50% dengan cukup baik dan siklus II sudah mengalami peningkatan secara signifikan yaitu rata-rata 84 09 dan persentase ketuntasa 87 50 % dengan kriteria sangat baik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10. Melalui permainan yang menarik akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan permainan bowling untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 anak kelompok A di TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Kabupaten Blitar. ABSTRAK Hidayati Tri Anis. 2017. Improving the Ability to Know Numbers 1-10 through Bowling Game At TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Blitar District. Thesis Study Program S1 Teacher Education Early Childhood Education Faculty of Education State University of Malang Supervisor (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd Keywords increase number game bowling The result of observation on the learning process about knowing the number of 1-10 children of the group A TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Blitar regency known there are some problems in the implementation of learning that is (1) of 16 children there are 12 children who have not been able to recognize the number 1-10 (2) the child is bored and less interested in learning to know the number 1-10 (3) the child does not understand the name of the number and the symbol of the number (4) the child is less eager in doing the task given by the teacher. Factors that influence the problem include (1) teacher-centered learning activities (2) lack of playing elements in learning activities (3) Monotonous and non-varied learning activities and minimal learning media such as using only blackboards and Student workbook or magazine. This study aims to describe the use of bowling games in improving the ability to recognize the number of 1-10 children of group A in TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Blitar. The approach used in this study is a qualitative approach to the type of classroom action research. The research was conducted in two cycles namely cycle I and cycle II each cycle consisting of four stages namely planning implementation obeservation and reflection. The data were collected using observation techniques interviews field notes and documentation. The results of the use of bowling games in improving the ability to recognize the numbers 1-10 performed by the teacher very well (81.25%) and followed by children very well (84.37%). The increase in the ability to recognize the number of 1-10 children through the game bowling of the cycle I the average value of child learning outcomes 70.81 and the percentage of 62.50% completeness quite well and cycle II has increased significantly the average 84 09 and the percentage of spell 87.50% with very good criteria Based on the results of the study it can be concluded that the use of bowling games can improve the ability to recognize the number 1-10. Through an interesting game will foster a child s interest to follow the learning activities. Therefore it is recommended for teachers to use bowling games to improve the ability to recognize the number of 1-10 A group children in TK AL Hidayah 03 Kendalrejo Blitar District.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item