Analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di TK se-Kecamatan Nganjuk / Dessy Farantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di TK se-Kecamatan Nganjuk / Dessy Farantika

Farantika, Dessy (2017) Analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di TK se-Kecamatan Nganjuk / Dessy Farantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farantika Dessy. 2017. Analisis Kesesuaian Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di TK Se-Kecamatan Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd Pembimbing (2) Wuri Astuti S.Pd Kata kunci kurikulum 2013 pelaksanaan pembelajaran penilaian pembelajaran Penelitian ini didasari oleh adanya pergantian kurikulum di TK. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan peraturan yang digunakan untuk pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 yang dilaksanakan serempak pada tahun ajaran 2016 di kecamatan Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Nganjuk selama satu tahun pembelajaran (2) kesesuaian antara pedoman kurikulum 2013 dengan kondisi pelaksanaan pembelajaran di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Dilaksanakan di kecamatan Nganjuk ke 48 TK. Prosedur dan teknik pengambilan sempel menggunakan sempel purposive random sampling dengan sempel sebanyak 71 guru dari 246 guru TK di kecamatan Nganjuk. Dengan instrumen penelitian angket. Hasil penelitian analisis kesesuaian pelaksanaan pembelajaran kurikulum (1) Kesesuaian standar proses pembelajaran di TK se-kecamatan Nganjuk Tahun 2016 yang terdiri dari pengembangan tema perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran pada kriteria sangat kesesuaian (95%) tetapi beberapa guru mengalami kesulitan dalam mengembangankan tema sesuai budaya lokal pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan bermain inspiratif dan kontekstual prinsip pelaksanaan pembelajaran anak usia dini pada lingkungan yang kondusif dan pelajaran yang demokratis dan metode pembelajaran yang digunakan bermain peran dan proyek (5%). (2) Kesesuaian standar proses penilaian pembelajaran di TK se-kecamatan Nganjuk Tahun 2016 yang terdiri dari prinsip teknik pelaksanaan dan pelaporan penilaian pada kriteria sangat kesesuaian (97%) tetapi beberapa guru sedikit yang mengalami kesulitan pada penggunaan catatan anekdot dan hasil perekapan penilaian anak secara mingguan dan bulanan (3%). Simpulan penelitian ini pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian di TK se-kecamatan Nganjuk masuk pada kriteria sangat sesuai dengan pedoman kurikulum PAUD 2013. Saran bagi guru membaca buku pedoman teknis dan dasar hukum pelaksanaan kurikulum 2013 pada Permendikbud No 137 dan No 146 Tahun 2014. Saran bagi pemerintah lebih banyak mengadakan workshop tentang pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 yang melibatkan guru secara langsung. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pertimbangan bahan rujukan dan perbandingan untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item