Penggunaan permainan pipe line untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak Kelompok B TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji / Fajarotul Isnaini Chasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan pipe line untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak Kelompok B TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji / Fajarotul Isnaini Chasanah

Chasanah, Fajarotul Isnaini (2017) Penggunaan permainan pipe line untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak Kelompok B TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji / Fajarotul Isnaini Chasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chasanah Fajarotul Isnaini. 2017. Penggunaan Permainan Pipe Line untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji. Skripsi. Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Suryadi S.Sn M.Pd . Kata Kunci Permainan Pipe Line Perkembangan Sosial Emosional Anak kelompok B di TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji memiliki permasalahan tentang rendahnya kemampuan sosial emosional. Dari hasil observasi terdapat 4 anak yang memiliki kemampuan sosial yang baik sedangkan 12 anak belum memiliki kemampuan sosial emosional yang baik. Hal ini disebabkan karena guru selalu menggunakan metode bercakap-cakap dan metode unjuk kerja serta guru kurang kreatif dalam menggunakan media khususnya yang bersifat kelompok dan kegiatan yang bersifat calistung. Sehingga anak merasa belum terbiasa bersosialisasi dengan temannya. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan permainan pipe line yang mana melalui permainan pipe line ini siswa dapat bermain bersama teman-temannya sehingga mampu membentuk kemampuan sosial siswa bekerjasama dengan teman sebaya dan mengekspresikan emosinya sesuai keadaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan permainan Pipe Line dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji 2) Apakah permainan Pipe Line dapat meningkatkan sosial emosional pada anak kelompok B TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji . Penelitian dilakukan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemis MC. Taggart (Akbar 2009 27). Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan peneliti menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi yang berupa foto. Sedangkan dalam melakukan analisa data temuan penelitian peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Penggunaan permainan Pipe Line di TK Wonderful Kids Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji dilaksanakan dengan mengajak anak bermain secara kelompok. Pembelajaran dengan menggunakan permainan Pipe Line menghasilkan ketuntasan kelas 73 5% pada siklus I dan 91 5% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan Pipe Line dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta permainan Pipe Line dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Wonderful Kids dengan ketuntasan kelas sebesar 91 5%. Saran dalam penelitian ini adalah permainan Pipe Line dapat dikembangkan dan dijadikan koleksi pembelajaran inovatif dan menyenangkan di TK bagi guru lembaga dan peneliri lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8435

Actions (login required)

View Item View Item