Peningkatan kemampuan bercerita melalui media boneka jari pada anak Kelompok B di TK Al-Hidayah 01 Nglegok Kabupaten Blitar / Umi Khanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita melalui media boneka jari pada anak Kelompok B di TK Al-Hidayah 01 Nglegok Kabupaten Blitar / Umi Khanifah

Khanifah, Umi (2017) Peningkatan kemampuan bercerita melalui media boneka jari pada anak Kelompok B di TK Al-Hidayah 01 Nglegok Kabupaten Blitar / Umi Khanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khanifah Umi. 2017. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok B Di TK AL-Hidayah 01 Nglegok. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd Kata Kunci peningkatan bercerita media boneka jari Berdasarkan hasilobservasi di diTK AL-Hidayah 01 Nglegok Kabupaten Blitar diperolehinformasibahwaminatanakdalampembelajaran bercerita dapat dikategorikan kurang beberapa dari12 anak terdapat 9 anak belum memenuhi kriteria ketuntasan dalam aspek kemampuan bercerita sedangkan 3 anak mempunyai kemampuan bercerita dengan baik. Penyebab permasalahan tersebut antara lain (1) metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik minat anak dalam belajar bercerita (2) media atau alat peraga yang bersifat monoton (3) kurangnya motivasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan bercerita melalui media boneka jari pada anak kelompok B diTK AL-Hidayah 01 Nglegok. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obeservasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media boneka jariuntuk meningkatkan kemampuan bercerita dilaksanakan oleh guru dengan kriteria sangat baik (91.6%) dan diikuti anak dengan kriteria sangatbaik (87%).Penilaian keterampilan dalam bercerita dapat di ketahui dari pratindakan siklusI dan siklus II yaitu pada saat pratindakan diperoleh rata-rata 50 denganpersentase 17%. Siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh rata-rata 58.32 denganpersentase 3.75% dengan perolehan kriteria kurang. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 diperoleh rata-rata 76.15 dengan persentase mencapai 79.5% dengan perolehan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak. Melalui media yang menarik akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan boneka jari pada pembelajaran bahasa khususnya kemampuan bercerita supaya dapat meningkatkan kemampuan bercerita melalui media boneka jari pada anak kelompok B diTK AL-Hidayah 01 Nglegok Kabupaten Blitar. ABSTRACT Khanifah Umi. 2017. Improved Capabilities of Storytelling Through Media Finger Puppets In Children Group B In TK AL-Hidayah 01 Nglegok. Thesis Study Program S1 Teacher Education Early Childhood Education Faculty of Education State University of Malang Supervisor (1) Drs. Suhel Madyono S. Pd M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd Keywords improvement storytelling finger puppet media Based on the results of observation in the AL-Hidayah 01 Nglegok Kabupaten Blitar the information can be categorized less some of 12 children 9 children have not fulfilled the criteria of completeness in the aspect of storytelling while 3 children have the ability to tell the story well. The causes of the problem are (1) the learning method used is less interesting for the children in learning to tell the story (2) the media or props which are monotonous (3) the lack of motivation from the teacher. This study aims to increase the ability to tell through the media finger puppets in children group B diTK AL-Hidayah 01 Nglegok. This research uses a qualitative approach with classroom action research. The research was conducted in two cycles namely cycle I and cycle II each cycle consisting of four stages namely planning implementation obeservation and reflection. The data were collected using observation techniques interviews field notes and documentation. Based on the results of the research the use of finger puppet media to improve the storytelling was carried out by teachers with very good criteria (91.6%) and followed by children with very good criteria (87%) .The skills in storytelling can be known from pratindakan cycleI and cycle II When pratindakan obtained an average of 50 with percentage of 17%. The first cycle of meetings 1 and 2 was averaged 58.32 with 3.75% percentage with less criterion gain. While on the second cycle of meetings 1 and 2 obtained an average of 76.15 with a percentage of 79.5% with good criteria. Based on the results of research it can be concluded that the use of finger puppet media can improve the ability to tell the story in children. Through interesting media will foster children s interest to follow the learning. Therefore it is recommended for teachers to use finger puppets on language learning especially the ability to tell stories in order to improve the ability to tell through the media puppet finger on the children of group B diTK AL-Hidayah 01 Nglegok Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item