Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Nindy Frastikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Nindy Frastikasari

Frastikasari, Nindy (2017) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Nindy Frastikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Frastikasari Nindy. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Kelompok B di Tk Dharma Wanita Plandirejo Kecamatn Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suwarti S.Pd M.Pd. (2) Dra. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata Kunci anak kelompok b motorik halus melipat kertas Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tentang kegiatan melipat kertas pada kelompok B TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) dari 24 anak terdapat 4 anak yang belum dapat melipat dengan tepat. (2) Kurang stimulasi guru untuk perkembangan motorik halus. (3) Guru hanya terpaku pada lembar kerja saat proses pembelajaran. (4) Proses pembelajaran kurang menyenangkan dan tidak menarik anak. Oleh karean itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus untuk kegiatan melipat kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan melipat kertas dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obeservasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian kegiatan melipat kertas mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 50% dan pertemuan kedua mencapai 75% meningkat sebesar 25% aktivitas anak pertemuan pertama 25% dan pertemuan kedua mencapai 45 83% meningkat sebesar 20 83%. Pada siklus II aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 75% dan pertemuan kedua mencapai 100% meningkat sebesar 25% aktivitas anak juga mengalami peningkatan pada pertemuan pertama 70 9% dan pertemuan kedua mencapai 91 67% meningkat sebesar 20 77%. Sementara itu hasil penilaian kemampuan melipat kertas pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil 54 17% dan pertemuan kedua sebesar 70 83% meningkat sebesar 16 66%. Pada siklus II penilaian kemampuan melipat kertas pertemuan pertama sebesar 83 33% dan pertemuan kedua mencapai 91 67% meningkat sebesar 8 34%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Melalui kegiatan yang menarik akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan kegiatan melipat kertas pada pembelajaran supaya dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. ABSTRACT Frastikasari Nindy . 2017. Improved Fine Motor Skills Through Paper Folding Activity In Group B TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatn Hyacinths Blitar . Thesis S1 Studies Teacher Education Early Childhood Education Faculty of Education University Negeri Malang Advisor ( 1 ) Suwarti S.Pd M.Pd. (2) Dra. Sunyoto S.Pd M.Sc. Keywords children in group b fine motor folded paper The results of observations conducted on the process of learning about the activities of folding paper in group B TK Dharma Wanita Plandirejo District of Hyacinths Regency Blitar finds that there are some problems in the implementation of learning namely (1) of 24 children there are four children who have not been able to fold properly. (2) Less stimulation teacher for fine motor development. (3) The teacher just focus on the work sheet during the learning process. (4) The learning process less unpleasant and unattractive child. By karean it there should be research to improve fine motor skills to activities of paper folding. This study aims to describe the implementation of the activities of folding paper and describe the increase in the fine motor skills of children in group B in TK Dharma Wanita Plandirejo Hyacinths District of Blitar. The approach used in this study is a qualitative approach to the type of classroom action research. Dilaksanakam study in two cycles of the first cycle and the second cycle each cycle consists of four stages planning implementation observation and reflection. Data was collected by using observation interviews field notes and documentation. The results of the research activities of paper folding has risen the activities of teachers in the first cycle by 50% the first meeting and the second meeting is 75% increased by 25% the activity of 25% of children first meeting and the second meeting reached 45.83% increased by 20.83% In the second cycle of teacher activity by 75% the first meeting and the second meeting of up to 100% increased by 25% the child s activity also increased at the first meeting and the second meeting of the 70.9% reached 91.67% increase of 20.77%. Meanwhile the results of paper-folding capability assessment at the first meeting of the first cycle results obtained 54.17% and 70.83% for the second meeting an increase of 16.66%. In the second cycle of paper folding capability assessment first meeting at 83.33% and 91.67% second meeting reached an increase of 8.34%. Based on the results it can be concluded that the activity of folding paper can improve fine motor . Through activities that would attract children to attend foster interest in learning. Therefore it is advisable for teachers to use the activities of folded paper on learning in order to improve fine motor skills of children in group B TK Dharma Wanita Plandirejo District of Hyacinths Regency Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8432

Actions (login required)

View Item View Item