Peningkatan hasil belajar pada subtema keindahan alam negeriku melalui model guided discovery di kelas 4 SDN 1 Jatiprahu Kabupaten Trenggalek / Elsa Veby Maharsi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pada subtema keindahan alam negeriku melalui model guided discovery di kelas 4 SDN 1 Jatiprahu Kabupaten Trenggalek / Elsa Veby Maharsi

Maharsi, Elsa Veby (2017) Peningkatan hasil belajar pada subtema keindahan alam negeriku melalui model guided discovery di kelas 4 SDN 1 Jatiprahu Kabupaten Trenggalek / Elsa Veby Maharsi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharsi Elsa Veby. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku Melalui Model Guided Discovery Di Kelas 4 SDN 1 Jatiprahu Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Hj.Lilik Bintartik M.Pd (II) Dr.H. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar subtema keindahan alam negeriku model guided discovery Berdasarkan kegiatan wawancara pada guru kelas 4 SDN 1 Jatiprahu diperoleh data nilai KKM (70) dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 7 siswa (41 2%) sedangkan siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 10 siswa (58 8%). Sedangkan dalam kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa diperoleh data sebagai berikut (1) guru belum menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif (2) guru menggunakan metode ceramah dan sesekali menggunakan metode tanya jawab (3) guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran (4) siswa belum siap dengan pembelajaran yang dilaksanakan (5) suasana belajar yang kurang menyenangkan yaitu siswa membaca ulang materi kemudian mengerjakan soal dan (6) para siswa diberi kesempatan bertanya namun tidak ada yang mengajukan pertanyaan. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif jenis PTK. Data yang diperoleh meliputi data penerapan model guided discovery data aktivitas guru dan siswa serta peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 91 7% (sangat baik) dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 79 4% (baik) dan meningkat menjadi 98 5% (sangat baik) pada siklus II. Rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan pada tahap pra tindakan hanya 64 9 (Cukup) dengan ketuntasan klasikal 41 2% (perlu bimbingan) meningkat menjadi 72 5 (baik) dengan ketuntasan klasikal 58 9% (cukup) pada akhir siklus I dan 91 5 (sangat baik) dengan ketuntasan klasikal 100% (sangat baik) pada akhir siklus II. Nilai keterampilan siswa pada awal siklus I yang mendapat nilai 100 hanya 4 siswa dan meningkat menjadi 10 siswa pada akhir siklus II. Pada siklus I ada 2 siswa yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu 62 5 sedangkan pada siklus II semua siswa sudah mencapai nilai diatas KKM. Sikap percaya diri pada siklus I muncul pada 4 siswa (23 5%) dan meningkat pada akhir siklus II menjadi 12 siswa (70 6%). Sikap tanggung jawab pada siklus I ada 6 siswa (35 3%) dan meningkat pada akhir siklus II ada 13 siswa (76 5%). Sikap santun juga terjadi peningkatan pada siklus I ada 12 siswa (70 6%) meningkat pada akhir siklus II ada 17 siswa (100%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik pada subtema keindahan alam negeriku dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 4 SDN 1 Jatiprahu Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan model guided discovery dalam pembelajaran agar hasil belajar dan ketuntasan belajar klasikal siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8431

Actions (login required)

View Item View Item