Peningkatan kemampuan berbahasa ekpresif anak melalui aplikasi model Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada anak kelompok B TK al Hidayah Jajar Kabupaten Blitar / Oktavia Ditasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbahasa ekpresif anak melalui aplikasi model Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada anak kelompok B TK al Hidayah Jajar Kabupaten Blitar / Oktavia Ditasari

Ditasari, Oktavia (2017) Peningkatan kemampuan berbahasa ekpresif anak melalui aplikasi model Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada anak kelompok B TK al Hidayah Jajar Kabupaten Blitar / Oktavia Ditasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ditasari Oktavia. 2016. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekpresif Anak melalui Aplikasi Model Beyond Center And Circle Time (BCCT) pada anak kelompok B TK Al Hidayah Jajar.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Prof.Dr.H.M.Zainnudin. M.Pd (II)Drs.Sunyoto S.Pd M.Si. Kata Kunci bahasa ekpresif anak usia dini model BCCT Model Beyond Center and Circle Time (BCCT) adalah suatu metode atau pendekatan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan merupakan perpaduan antara teori dan pengalaman praktik (Sujiono 2012 216). Berdasarkan hasil observasi terhadap anak kelompok B TK Al Hidayah Jajar Kecamatan Talun Kabupaten Blitar bahwa hampir dari seluruh anak masih belum bisa untuk mengungkapkan bahasa ekpresif anak (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup anak usia dini bahasa ekpresif anak dan model beyond center and circle time (BCCT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Al Hidayah Jajar yang berjumlah 14. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi penilaian dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan uji tindakan. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus tiap siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Anak kelompok B di TK Al Hidayah Jajar Kabupaten Blitar belum menguasai pengungkapan bahasa ekpresif anak ( mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal). Kedua hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model beyond center and circle time pembelajaran meningkatkan kemampuan bahasa ekpresif anak yaitu 60 54%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model BCCT dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekpresif anak usia dini terutama anak kelompok B TK Al Hidayah Jajar Kabupaten Blitar Harapan hasil pengembangan penelitian ini dapat diuji cobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada orang tua dan lembaga pendidikan yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain hal tersebut karena penelitian ini hanya terbatas pada pengembangan produk diharapkan ada peneliti selanjutnya utuk menguji tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8430

Actions (login required)

View Item View Item