Peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 dengan menggunakan media sudut kupu-kupu pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 34 Malang / Muvida Noor Mutmainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 dengan menggunakan media sudut kupu-kupu pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 34 Malang / Muvida Noor Mutmainah

Mutmainah, Muvida Noor (2017) Peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 dengan menggunakan media sudut kupu-kupu pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 34 Malang / Muvida Noor Mutmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutmainah Muvida Noor. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 dengan Menggunakan Media Sudut Kupu-kupu pada Anak Kelompok A di TK Muslimat NU 34 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Usep Kustiawan M.Sn. (II) Retno Tri Wulandari S. Pd M.Pd. Kata Kunci Media Sudut Kupu-kupu Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Anak Kelompok A Anak memiliki potensi otak yang mampu merespon setiap stimulus yang ada di lingkungannya.Untuk mengoptimalkan potensi tersebut diperlukan upaya dalam bentuk pemberian stimulus agar syaraf-syaraf dapat berkembang secara maksimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Muslimat NU 34 Malang pada bulan Januari- Maret 2016 dari 15 anak diperoleh data sebagai berikut 40% anak dapat mengenal bentuk geometri 6%Anak dapat mengenal bilangan 1-10 secara sederhana. Belum ada media yang dapat memotivasi anak untuk belajar mengenai membilang sederhana. Berdasarkan uraian permasalahan maka dilakukan penelitian tentang Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Sederhana dengan Menggunakan Media Sudut Kupu-kupu pada Anak Kelompok A di TK Muslimat NU 34 Malang. Penggunaan Media Sudut Kupu-kupu ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam memahami konsep bilangan sederhana.Pembelajaran dengan menggunakan Media Sudut Kupu-kupu ini dapat mengembangkan kemampuan kognitif sosial emosional fisik bahasa dan kemandirian anak usia dini. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil peelitian menunjukkan bahwa Siklus I dan siklus II kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan sebesar 19 44% sehingga hasil yang diperoleh pada siklus II mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan semakin baik dari siklus I. Nilai rata-rata skor pencapaian kelas ada siklus II diperoleh rata-rata 84 44% (12 anak dari 15 anak mencapai standart keberhasilan). Hasil yang didapatkan dari penerapan pembelajaran dengan menggunakan Media Sudut Kupu-kupu membuktikan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan Media Sudut Kupu-kupudapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 34 Malang. Peneliti juga memberikan saran agar pendekatan ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran mengenal konsep matematika sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item