Pengembangan media boneka ayam berkancing untuk pembelajaran motorik halus anak usia 3-4 tahun / Fryanne Saulina Yohani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media boneka ayam berkancing untuk pembelajaran motorik halus anak usia 3-4 tahun / Fryanne Saulina Yohani

Yohani, Fryanne Saulina (2017) Pengembangan media boneka ayam berkancing untuk pembelajaran motorik halus anak usia 3-4 tahun / Fryanne Saulina Yohani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yohani FryanneSaulina. 2016. Pengembangan Media BonekaAyamBerkancinguntukPembelajaranMotorikHalusAnakUsia 3-4 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II)WuriAstuti S. Pd. Kata Kunci MediaPembelajaran MotorikHalus Usia 3-4 Tahun Padausia 3 4tahun salahsatuaspek yang dapatditumbuhkembangkanadalahperkembanganfisikmotorik khususnyamotorikhalus. Untukmeningkatkankemampuanmotorikhalusanak agar berkembangdenganbaikdansempurnaperludilakukanstimulasi yang terarahdanterpadu. Salah satustimulasi yang tepatdiantaranyadenganpenggunaan media pembelajaran. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniuntukmenghasilkan media pembelajaran yang menarikgunamenstimulasimotorikhalusanakusia 3-4 tahunagarefektifsesuaidengantahapperkembangannya. Penelitiandanpengembanganinimenggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasikanmenjadi 8langkah yaitu (1) potensidanmasalah (2) pengumpulan data (3) desainproduk (4) validasidesain (5) revisidesain (6) ujicobapemakaian (7) revisiproduk (8) pembuatanprodukakhir. Data penelitianberupahasilvalidasiproduk yang diperolehdarievalusaiahli media pembelaran ahlifisikmotorik danahlimateripembelaran. Data yang diperolehdianalisisdenganmenghitungtingkatkesesuaianantarakeseluruhanskorhasilangketdengankriteriavaliditas (kelayakan) yang telahditetapkansertamenelaah data berupahasilkomentar/wawancara. Berdasarkanujikelayakanprodukolehahlimedia pembelajaranterkaitkeefektifanmedia pembelajarandiperolehpersentase91 67%. Dari ahlifisikmotorikpersentasevaliditasdankemenarikandiperoleh82 5%. Ujikelayakanproduk media pembelajarankepadaahlimateripembelajarandiperolehpersentase91 67%. Dari ujicobakelompokkecilpadaanakdiperolehpersentasekeefektifan96 87% danvaliditas95 32%. Kemudianujicobakelompokbesarpadaanakdiperolehpersentasekeefektifan94 37% danvaliditas92 19%. Hal tersebutmenunjukkanbahwaproduk media yang dihasilkandapatdikualifikasikan valid/layakdigunakansebagai media pembelajaran. Dari hasilanalisis data diperolehsimpulansebagaiberikut (1) media BonekaAyamBerkancing valid digunakansebagai media pembelajaranmotorikhalusanakusia 3 4 tahunpadakegiatanmengancingkanbaju (2) kelebihan media BonekaAyamBerkancingyaitu menarikdandapatmeningkatkanmotivasibelajaranak.Disarankanbagipenelitiselanjutnya yang inginmelakukanpenelitiandenganmenggunakan media BonekaAyamBerkancinguntukdapatmengembangkan media pembelajarantersebutdengancakupanlebihluasdenganmengembangkanaspek-aspekperkembangan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item