Pangestika, Meita Devi (2017) Pengembangan permainan eat ball untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun / Meita Devi Pangestika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pangestika Meita Devi. 2016. PengembanganPermainanEat Ball untukMengembangkanKemampuanBerhitungAnakUsia 4- 5 tahunSkripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah ProgramStudiPendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M. Pd (II) EnyNurAisyah S. Pd. M. Pd KataKunci PengembanganKemampuanBerhitung.Permainan Eat Ball Mengenalkanangkadanpembelajaranberhitung yang sederhanadanmenarikakanmemudahkananakdalammengingatdanakanmenjadimotivasiuntukanaksehinggaanaklebihbersemangatdalambelajar. Denganbermainakanmembuatanaklebihtertarikdanmenyenangkanbagianaksehinggaanakmemprolehpengalamanpembelajaransecaralangsung. Kreatifitasdanwawasangurudalammembuatrancanganpembelajarandanminimnyaalatpermainanmengakibatkanpembelajaranyang dilakukankurangefektifdankurangmenarik.Berkaitandenganhaltersebut makadiperlukanadanyapermainanyang efektif mudahdanmenarikgunamenunjangpembelajaranyangmenyenangkanbagianak. PenelitianinimemilikitujuanuntukmenghasilkanpermainanEat Ball yang valid untukmengembangkankemampuankognitifanakkhususnyakemampuanberhitung 1-10 kegiatan sehinggapembelajaranakanlebihefektif mudah danmenarikbagianak.. PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembanganDick Careydengan 9 langkahpelaksanaanstrategipenelitiandanpengembangan. Datapadapenelitianiniberupa data kualitatifdandatakuantitatif pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi wawancaradandokumentasi.Datayangdihasilkanterdiridari3orangahli ahlipembelajarananakusiadini ahliKognitifdanahlipermainananakusiadini ujicobaperorangan 3 orang anak ujicobakelompokkecil8 anakdanujicobakelompokbesar 17 anak. HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahprodukpermainanEat Balldengankriteriakeberhasilanyaitu (1)berupapresentasehasilevaluasidaripembelajarananakusiadini 83%(2) ahliKognitif80%(3) ahliPermainananakusiadini 83% Tingkat kemampuananakdalammelakukanpermainanselamaujicobaperorangan 100% ujicobakelompokkecildiperolehpersentaserata-rata 93% danujicobalapangandiprolehpersentase rata- rata 97%. Berdasarkanpenyajiandatadiatas dapatdisimpulkanbahwapenelitiandanpengembanganprodukpermainanEat Balldapatdigunakandalampembelajaranberhitungbagianakusiadini. Saranyang dapatdiberikanantaralain permainaninidapatdigunakansebagaialternatifdalampembelajarandiTK untukmemotivasi guru agar lebihkretifdalammemberikanpembelajaranbagianak hasilpengembanganinidapatditerapkankembalidenganmenambahkanvariasipadapermainanEat Ballsehinggaaspekperkembangananakyangakantercapaimenjadilebihluas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8424 |
Actions (login required)
View Item |