Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan kolase dengan menggunakan cangkang telur di TK Kartika IX-4 1A Malang / Bety Permata Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan kolase dengan menggunakan cangkang telur di TK Kartika IX-4 1A Malang / Bety Permata Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Bety Permata (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan kolase dengan menggunakan cangkang telur di TK Kartika IX-4 1A Malang / Bety Permata Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas Bety Permata. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Cangkang Telur di TK Kartika IX-41A Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.H. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso M.Pd Kata kunci Motorik Halus Kolase. Hasil observasi di TK Kartika IX-41 A Malang diketahui 56% anak belum mampu dalam kemampuan motorik halusnya dikarenakan Pembelajaran kurang bervariasi menjadikan kemampuan motorik anak tidak dapat berkembang dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Teknik Kolase untuk meningkatkan kemampuan Motorik Halus pada kelompok B di TK Kartika IX-41 A Malang 2)Apakah melalui kegiatan pembelajaran Teknik Kolase dapat meningkatkan kemampuan Motorik Halus pada kelompok B di TK Kartika IX-41 A Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan proses siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kartika IX-41 A Malang. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan dokumentasi analisisnya adalah deskriptif. Hasil penelitian adalah 1) kegiatan kolase dilaksanakan dengan persiapan apersepsi tanya jawab anak membuat kolase mengisi pola gambar sesuai tema dan contoh 2)Kegiatan kolase menggunakan cangkang telur dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Kartika IX-41A Malang dari 67 06% pada siklus I menjadi 88 05% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) kegiatan kolase dapat diterapkan dengan baik pada anak kelompok B TK Kartika IX-41 A Malang 2) kegiatan kolase menggunakan cangkang telur dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Kartika IX-41 A Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8422

Actions (login required)

View Item View Item