Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media puzzle alphabet di TK B Muslimat 18 Banjarejo Pakis Malang / Ferda Ferik Putri Anindika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media puzzle alphabet di TK B Muslimat 18 Banjarejo Pakis Malang / Ferda Ferik Putri Anindika

Anindika, Ferda Ferik Putri (2016) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media puzzle alphabet di TK B Muslimat 18 Banjarejo Pakis Malang / Ferda Ferik Putri Anindika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anindika Ferda Ferik Putri. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Puzzle Alphabet Di Tk B Muslimat 18 Banjarejo Pakis Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M Hum (II)Sandy Tegariyani Putri S. S.Pd M.Pd Kata Kunci Media Puzzle Alphabet Membaca Permulaan. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok B di TK Muslimat 18 Banjarejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B masih sangat rendah. 25 anak 11 anak hanya dapat membaca 12 anak hanya dapat mengenal huruf dan 2 anak belum dapat mengenal huruf. Hal ini disebabkan karena anak masih kurang percaya diri mengucapkan kata anak cenderung kurang aktif dalam membaca metode membaca yang digunakan metode eja media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis hitam serta kapur tulis berwana putih serta bahan ajar yang digunakan hanya buku tulis siswa serta LKS saja. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penggunaan media puzzle alphabet untuk pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di TK B Muslimat 18 Banjarejo Pakis Malang. (2) Bagaimanakahmeningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media puzzle alphabet di TK B Muslimat 18 Banjarejo Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan desain PTK dengan model Kemmis MC. Taggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Muslimat 18 Banjarejo sebanyak 25 anak. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi lembar penilaian dokumentasi dan panduan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenggunaan media Puzzle Alphabet dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang baik yakni (1) anak-anak bersemangat ketika melihat media yang baru (2)media puzzle alphabet tidak berbahaya bagi anak (3)media puzzle alphabet yang dirangcang dengan potongan tiap suku kata dapat memudahkan anak untuk belajar membaca permulaan (4)anak-anak dapat berkelompok sehingga nilai sosial emosionalnya dapat ditumbuhkan dan (5) motivasi belajar anak lebih meningkat dengan hadirnya media puzzle alphabet. Hasil penerapan pembelajaran melalui media puzzle alphabetdapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Muslimat 18 Banjarejo hal ini terbukti dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tahap pra tindakan dengan skor ketuntasan mencapai44% dan diperoleh skor ketuntasan pada penelitian siklus I sebesar 72% kemudian dilanjutkan ke siklus II dengan perolehan skor ketuntasan sebesar 88% yakni dengan peningkatan sebesar 44%. Peneliti berharap media puzzle alphabet dapat dijadikan referensi kegiatan belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media puzzle alphabetuntuk mengembangkan aspek perkembangan lainnya terutama aspek perkembangan sosial emosional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item