Peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan tradisional boi-boian pada kelompok B di Children Centre Brawijaya Smart School Malang / Merry Ayu Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan tradisional boi-boian pada kelompok B di Children Centre Brawijaya Smart School Malang / Merry Ayu Wijayanti

Wijayanti, Merry Ayu (2016) Peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan tradisional boi-boian pada kelompok B di Children Centre Brawijaya Smart School Malang / Merry Ayu Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Merry Ayu. 2016. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Tradisional Boi-Boian Pada Kelompok B di Children Centre Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (2) Evania Yafie S.Pd M.Pd Kata kunci Kecerdasan Kinestetik Permainan Tradisional Boi-boian Anak Kelompok B Kemampuan menggunakan kecerdasan kinestetik di kelompok B1 Children Centre Brawijaya Smart School hanya dimiliki sebagian kecil anak (21 4%) sebaliknya sebagian besar masih belum mampu mengekspresikan diri melalui gerak tubuh (78 6%). Kondisi ini dikarenakan kurang tersalurkannya keaktifan yang dimiliki anak dan minimnya permainan fisik yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan permainan tradisional Boi-boian untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B1 (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan permainan tradisional Boi-boian dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak kelompok B1. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Tiap siklus penelitian terdiri dari perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok B1 yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan kecerdasan kinestetik anak yaitu pada siklus I memperoleh 43%. Pada siklus II peningkatan jauh lebih baik yaitu mencapai 86%. Peningkatan pada ketuntasan belajar di siklus I sebesar 22% dan siklus II mencapai 79%. Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi perkembangan yang diinginkan. Disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan tradisional Boi-boian dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik dilakukan dengan baik. Saran untuk kepala sekolah yaitu sebaiknya mensosialisasikan permainan tradisional boi-boian kepada guru agar menggunakan permainan tradisional Boi-boian dalam pembelajaran anak. Saran untuk guru yaitu sebaiknya menerapkan metode bermain permainan tradisional boi-boian sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item