Pengembangan media rotabus untuk perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Kota Malang / Riska Amelia Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media rotabus untuk perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Kota Malang / Riska Amelia Permatasari

Permatasari, Riska Amelia (2016) Pengembangan media rotabus untuk perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Kota Malang / Riska Amelia Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari Riska Amelia. 2016. Pengembangan Media Rotabus untuk Perkembangan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Drs. I Wayan Sutama M.Pd Kata Kunci Media Rotabus Kemampuan Berbicara Pada pembelajaran anak usia dini bahasa memiliki peranan penting pengenalan bahasa pada anak seringkali menggunakan media. Menyebutkan gambar dan menceritakan gambar merupakan indikator yang seringkali digunakan oleh para pendidik kelompok A usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak. Kurangnya media yang menarik untuk anak akan lebih sulit untuk mengembangkan kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan media rotabus yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan bahasa yang dicapai pada anak usia 4-5 tahun melalui kemampuan berbicara. Penelitian media rotabus ini menggunakan model pengembangan Dick and Carrey. Penelitian ini hanya menggunakan 8 langkah prosedur dari model penelitian dan pengembangan Dick and Carrey di antaranya (1) Mengidentifikasi tingkat pencapaian pengembangan (2) Melaksanakan analisis capaian perkembangan bahasa (3) Mengidentifikasi tingkah laku dan karakteristik anak (4) merumuskan tujuan pengembangan (5) Mengembangkan butir-butir indikator perkembangan (6) Mengembangkan dan memilih tema pembelajaran (7) Mendesain dan melaksanakan validasi (8) Merevisi hasil pengembangan media. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berisi tentang pertanyaan tentang produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif berupa hasil evaluasi. Hasil evaluasi penelitian dan pengembangan produk rotabus pada pembelajaran kemampuan berbicara yang dialkuakn sebanyak 2 kali didapatkan hasil sebagai berikut (1) ahli materi pembelajaran kategori sangat valid dengan persentase 82 5% (2) ahli media pembelajaran kategori sangat valid dengan persentase 80% (3) ahli bahasa kategori sangat valid dengan persentase 82 5% (4) data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata sebesar 88 7% (5) data uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata sebesar 88 1%. Secara keseluruhan darihasil evaluasi di atas maka media pembelajaran rotabusdapat digunakan untuk mengembangkan aspek perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun.Penelitian ini termasuk kategori efektif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item