Agustini, Hidayatiningdiah (2016) Peningkatan kemampuan mengenal bunyi huruf vokal menggunakan media komidi putar pada anak kelompok A di TK Permata Bunda Sawojajar Malang / Hidayatiningdiah Agustini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustini Hidayatiningdiah. 2016. PeningkatanKemampuanAnakMengenalBunyiHurufVokalMenggunakan Media KomidiPutarPadaAnakKelompok A di TK PermataBundaSawojajar Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. DosenPembimbing (1) Drs. I WayanSutama M.Pd (2) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata Kunci Kemampuanmengenalbunyihurufvokal media komidiputar anakkelompok A Kemampuanmengenalbunyihurufvokalmerupakanpengenalanbunyidalambentukhurufvokaluntukmengukurketepatanpelafalan yang ditandaimelaluiskorkemampuananak.Berdasarkanhasilobservasiterhadapanakkelompok A di TK PermataBunda ditemukanbahwa 10 dari 17 anakkesulitanmengucapkanbunyihurufvokaldenganlafal yang baikdanbenar. Hal inidutunjukkanolehfaktabahwa (1) Kurangnyainformasi yang diberikanoleh guru mengenaipengenalanbunyihurufvokal (2) Lembarkerjaanakkurangmenariksebagai media pembelajaran (3) penggunaanlembarkerjaanakdilakukansecaraberulang-ulang (4) kurangnyasemangatdanminatanakdalammengikutipembelajaran. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpenggunaan media komidiputaruntukmeningkatkankemampuanmengenalbunyihurufvokalpadaanakkelompok A TK PermataBundaSawojajar Malang danmendeskripsikanpeningkatankemampuanmengenalbunyihurufvokalmenggunakan media komidiputarpadaanakkelompok A TK PermataBundaSawojajar Malang. RencanaPenelitiandenganmenggunakanpendekatanrancanganpenelitiantindakankelas (PTK).Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklusmelaluitahapperencanaan pelaksanaantindakanpenelitian observasidanrefleksi.Subjekpenelitianadalahanakkelompok A TK PermataBundayang berjumlah 17 anak.Teknikpengumpulan data yang digunakanberupaobservasi wawancaradandokumentasi.Analisispenelitian data dilakukansecaradeskripstifkualitatifdankuantitatif. Proses pembelajaranpadapenelitianinidimulaidengan guru menunjukkan media komidiputar kemudian guru memperagakanlangkahlangkahkegiatanpembelajaran agar anaklebihmemahamidandapatminingkatkankemampuanmengenalbunyihuruf vokal. Hasilpadasiklus I penelititelahmenggunakan media komidiputar sehinggapersentasekemampuananakmengenalbunyihurufvokalmengalamipeningkatanyaitu 47 05%. Padasiklus II kemampuananakmengenalbunyihurufvokalmengalamipeningkatanyang signifikanyaitu 82 35% melebihibatas minimal yang ditetapkan 75%. Hal inidapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan media komidiputardapatmeningkatkankemampuananakmengenalbunyihurufvokaldenganmenarikdanmenyenangkan.Bagilembagadisarankanuntukmenyediakan media yang menarikuntukbelajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8416 |
Actions (login required)
View Item |