Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK PGRI I Pecalukan Kabupaten Pasuruan / Helda Astrilia

Astrilia, Helda (2016) Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B TK PGRI I Pecalukan Kabupaten Pasuruan / Helda Astrilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astrilia, Helda. 2016. PenerapanMetodeBernyanyiUntukMeningkatkanKosakataBahasaInggrisAnakKelompok B TK PGRI I PecalukanKabupatenPasuruan.Skripsi Prodi S-1 Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd., (II) EnyNurAisyah, S.Pd, M.Pd Kata Kunci :kosakatabahasainggris, metodebernyanyi Bahasamerupakansalahsatuaspek yang pentinguntukdikembangankhususnyamengenalkankosakatabarubagianakusiadini. Pengenalankosakatabaruterutamakosakatadalambahasainggris di TK PGRI I Pecalukanmasihrendah.Berdasarkanhasilobservasi yang telahdilakukanoleh 14 anakdiperolehhasilketuntasananakdalammenerimakosakataberbahasainggrisyaituhanya 2 anak yang mampumenirusertamenyebutkankosakatadalambahasainggris. Hal inidisebabkankarenasituasipembelajaran yang monotonanakhanyaditunjukkangambarkemudiandiajakuntukmenirukanselainitukurangnyasituasipembelajaran yang santaidanmenyenangkansehinggaanakcepatmerasabosandanpembelajarantidakberjalanmaksimal yang menyebabkananakmenjadisusahuntukmencernaapa yang diajarkanoleh guru. Rumusanmasalahpenelitiadalah (1) bagaimanapenerapanmetodebernyanyiuntukmeningkatkankosakatabahasainggrisanakkelompok B TK PGRI I Pecalukan? (2) apakahpenerapanmetodebernyanyidapatmeningkatkankosakatabahasainggrisanakkelompok B di TK PGRI I Pecalukan? Rancanganpenelitian yang digunakanyaituPenelitianTindakanKelas (PTK) denganmenerapkanmetodebernyanyi.Penelitianinidilakukanpadakelompok B TK PGRI I Pecalukan.Instrument yang digunakanpenelitiuntukmengumpulkan data berupalembarobservasi, dandokumentasi.Penelititerlibatdalampenelitiansebagai observer. Penelitian yang dilakukanadalahdenganmenggunakanmetodebernyanyi, yaituanakdiperkenalkankosakatabinatangdalambahasainggrisdengancaramenyanyikanlagu-lagusederhana yang didalamnyaterdapatkosakatabinatangdalambahasainggris. Dari hasilpenelitiandiperolehhasil 14 anaktuntasdalammenirudanmengingatkosakatabinatangdalambahasainggris. Menerapkanmetodebernyanyitelahberhasilmeningkatkankosakatabahasainggrisanakkelompok B TK PGRI I PecalukanKabupatenPasuruan, haliniterbuktidari data yang diperolehpadasaatpenelitian. Berdasarkanhasilpenelitianini, disarankan agar guru memilihmetode yang tepatdankreatifdalammencoba ide baru agar anakaktifdalam proses pembelajaransertaanaktidakmerasacepatbosan, misalnyadenganmenerapkanmetodebernyanyikarenadenganmetodebernyayipembelajaranakanmenyenangkan, yang membantudayaingatanaklebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8415

Actions (login required)

View Item View Item