Peningkatan kreativitas seni melalui teknik cetak tembus menggun akan screen pada kelompok mB di TK Satu Atap Bunulrejo 3 Malang / Latifatul Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas seni melalui teknik cetak tembus menggun akan screen pada kelompok mB di TK Satu Atap Bunulrejo 3 Malang / Latifatul Amalia

Amalia, Latifatul (2016) Peningkatan kreativitas seni melalui teknik cetak tembus menggun akan screen pada kelompok mB di TK Satu Atap Bunulrejo 3 Malang / Latifatul Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Latifatul. 2016. Peningkatan Kreativitas Seni Melalui Teknik Cetak Tembus Menggunakan Screen Pada Kelompok B di TK Satu Atap Bunulrejo 3 Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kreativitas Seni Teknik Cetak Tembus Menggunakan Screen dan kelompok B Permasalahan pada perkembangan anak usia dini masih sering terjadi di Taman Kanak-kanak namun permasalahan itu masih dapat di tangani dengan baik sehingga kekurangan anak dapat meningkat menjadi kelebihan yang lebih baik. Hal ini dipicu oleh masih seringnya penggunaan lembar kerja pada saat pembelajaran berlangsung kurangnya inisiatif anak dalam membuat hasil karya mencetak serta kurangnya antusias dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kreativitas seni menggunakan teknik cetak tembus menggunakan screen dan meningkatkan kreativitas seni melalui teknik cetak tembus menggunakan screen pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemis Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Satu Atap Bunulrejo 3 Malang yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 8 anak perempuan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan kreativitas seni mencetak pada anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tahap-tahap penelitian ini meliputi (1)persiapan media (1)anak mengambil screen (3)mengoleskan warna pada screen (4)menarik pasta menggunakan rakel. Hasil penelitianpada siklus I meningkat mencapai presentase 63 63% dengan kriteria mulai berkembang dan pada siklus II meningkat mencapai 90 1% dengan kriteria kreativitas seni berkembang sangat baik. Berdasarkan paparan di atas pembelajaran menggunakan teknik cetak tembus menggunakan screen berjalan dengan lancar dan kreativitas seni anak dapat meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8413

Actions (login required)

View Item View Item