Karakteristik pola asuh orang tua dan guru dalam pembentukan karakter disiplin pada anak di TK Al Ikhlash Kabupaten Lunajang / Reza Novaliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik pola asuh orang tua dan guru dalam pembentukan karakter disiplin pada anak di TK Al Ikhlash Kabupaten Lunajang / Reza Novaliani

Novaliani, Reza (2016) Karakteristik pola asuh orang tua dan guru dalam pembentukan karakter disiplin pada anak di TK Al Ikhlash Kabupaten Lunajang / Reza Novaliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novaliani Reza. 2016. Karakteristik Pola Asuh Orang Tua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di TK Al Ikhlash Kabupaten Lumajang. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1-PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Suryadi M.Sn. Kata Kunci pola asuh pola asuh orang tua pola asuh guru Polaasuhmerupakaninteraksiantara orang tuadengananakdalam proses pendidikan yang bermanfaatbagipertumbuhandanperkembangananak. Polaasuh orang tua yang diberikankepadaanaksesuaidenganpertumbuhandanperkembangananakakanmembentukkarakterdisiplin yang akanbergunabagianakketikaanaktumbuhdewasa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikarakteristikpolaasuh orang tuadanpolaasuh yang diberikan guru kepadaanakdalampembentukankarakterdisiplin. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif. Subjek yang ditelitiadalahseluruh orang tuadan guru di TK Al Ikhlash Kabupaten Lumajang dengan jumlah 204 orang tua dan 24 guru. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan persentase (%). Hasil yang diperolehdaripenelitianinidiketahuibahwapolaasuhyang diberikan oleh orang tuadiketahuiterdapat 63 73% denganpolaasuhdemokratis 21 31% denganpolaasuhpermitif dan 1 96% denganpolaasuhotoriter. Sedangkanhasildariangket guru diketahuibahwapolaasuh yang diberikanolehsemua guru yaitupolaasuhdemokratis.Hal iniberarti 100% polaasuh guru yang diberikanadalahdemokratis. Disimpulkanbahwapolaasuh yang diberikan orang tuakepadaanaksudahsesuaidengankarakteristikpolaasuhanakdalampembentukankarakterdisiplinpadaanak.Hal tersebutjugaberlakupadapolaasuh yang diberikanoleh guru.Saran untukpenelitianinisebaiknyasekolah menyelenggarkan seminar yang melibatkan orang tua dengan tema pola asuh yang benar sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Seminar tersebut dapat menjadi masukan kepada orang tua yang menggunakan pengasuhan cenderung permisif dan cenderung otoriter untuk merubah gaya pengasuhan tersebut menjadi pola pengasuhan demokratis yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item