Studi kasus gangguan perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok A RA Miftahul Huda Kota Batu / Minayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus gangguan perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok A RA Miftahul Huda Kota Batu / Minayu

Minayu (2016) Studi kasus gangguan perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok A RA Miftahul Huda Kota Batu / Minayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Minayu. 2016. Studi Kasus Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Kelompok A RA Miftahul Huda Kota Batu. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd. (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso S.Pd M.Pd. Kata Kunci Gangguan Perkembangan bahasa Anak Usia Dini Kelompok A RA Miftahul Huda Kota Batu Masalah yang terjadi pada seorang siswa kelompok A di RA Miftahul Huda Kota Batu adalah anak mengalami gangguan perkembangan berbahasa seperti kesulitan bertanya kesulitan melakukan percakapan dengan orang lain dan kesulitan dalam bernyanyi. Anak juga mengalami kesulitan dalam menyampaikan keinginan kepada Guru atau teman sehingga cenderung bersikap pasif di dalam kelas. Anak kesulitan mengikuti ritme pembelajaran di kelas karena selalu tertinggal dengan teman-temannya anak terlihat bersikap panik gugup dan cemas saat mengikuti pembelajaran di kelas. Guru harus memberikan perhatian lebih kepada anak agar anak berani menyampaikan maksud yang diinginkan. Penelitian dilakukan untuk menunjukkan gambaran gangguan perkembangan bahasa anak faktor-faktor penyebab gangguan perkembangan bahasa anak dampak gangguan perkembangan bahasa anak dan cara penanganan gangguan perkembangan bahasa anak sebagai tindakan antisipasi agar pada jenjang pendidikan selanjutnya perkembangan bahasa anak dapat berkembang sesuai tahap perkembangan bahasa anak usia dini yang seharusnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu uraian tentang (1) gambaran gangguan perkembangan bahasa anak usia dini (2) faktor-faktor penyebab gangguan perkembangan bahasa anak usia dini (3) dampak gangguan perkembangan bahasa anak usia dini dan (4) cara penanganan gangguan perkembangan bahasa anak usia dini. Rekomendasi penelitian ini bagi peneliti orang tua pendidik lembaga dan penelitian lanjut. Terutama saran bagi orang tua dan pendidik yaitu (1) agar lebih memberi kesempatan kepada anak dalam berbicara (2) agar melakukan konsultasi dengan dokter ahli THT dan ahli patologi bahasa (3) agar memberi kebebasan pada anak untuk bersosialisasi (4) agar membangun kedekatan dengan anak (5) agar membangun kepercayaan diri anak dan (6) agar memilih cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8410

Actions (login required)

View Item View Item