Pengembangan teks pembelajaran berprograma pola linier mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan udara sekolah dasar kelas IV catur wulan II <BR>oleh Ririn Wardani

Wardani, Ririn (2002) Pengembangan teks pembelajaran berprograma pola linier mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan udara sekolah dasar kelas IV catur wulan II <BR>oleh Ririn Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK wardani, Ririn. 2002. I'engembangan'feks pembelalarun Bcrprograma pola Linier Mata Pelalaran llmu Pengetahuan Alam pokok Bahasan LIdara sekrlah Dasar kelas IV caturwulan 11. skripsi,.IurusanT eknologip endidikan..F Ip. UniversitasN egeriM alang.P embimb'rg: (l) Drs. SihkabudenM, . pd, (ll) Dra. Purwendarti. M. Pd Kata Kunci : PengemhanganT,e ks PembelajaranB erprogramap, ola Linier, Udara Usaha rmttrk mengembangkan dan meningkatkan kemamp*an dalam belajar tentangm ateriI lmu PellgetahuanA lam (lPA) pada SekolahD asar,d apatd ilakukar nelalui perbaikan formulasi tujuan pembelajaran yang hanrs dicapai oleh siswa setelahk egratanp unbelajarand ilakukan.T ujuanp embelajany ang ditetapkant ersebut haruslah lebilr berorientasi pada individu siswa dalam rnunpelajari suatu maten pelajaranH. al ini tentu sajab erkaitane ratt erhadapp elaksanaanp rosesp embelajaran di sekolah, banyak faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan tersebut yang antarala in : karakteristiks iswa,m otivasi, sikap sertat ersedianyab ahanb elajar yang digunakano leh guru dalamk egiatanp embelajarana. garb elajars iswad apat lebih optimal.K egiatanp embelqlaranit u bertrqiuan ntuk mentransferil mu tÔé¼tapij uga rmttik membentuk mgkah lalar yang mengarah pada ranah kognrtif, afektif dan psikomQtosr iswa. Tujuan pengembanganin i adalalrr urtuk rnenecahkanm asalahp emtrelajaran yangl ebih memperhatikanp erbedaantr api ndivrdus isway ang memilki karakteristik yangb erbeda-bedam isalnyam elaluip enyediaanb ahanb elajarm andiriy angb empa TeksP ernbelajaraBn erprogramaM ata PelajaranI PA untuk SD kelas IV Catur Wulan II. Model Teks PembelajaranB erprogramain i menggrurakamn odel linier yangt elah drsusuns esuaid enganm odelp rosedury ang dikernbangkano leh AECT, Bullock, dan INNOTECH, yang juga telah disesuaikan dengan ttrjuan pembelajaran yang ditetapkand alamG aris-garisB esarP roSgamP embelajaran(G BPP),k urilcrhunt ahun 1994 yang digunakan dalam lembaga sekolah terspbut. Subyeku ji cobap engembangaTne ks PembelajaranB erprogramap ola linier ini adalah siswa kelas IV Catru Wulan II, Sekolah Dasar Negeri Tanjrmg rejo II. Teknik pengumpuland ata denganr nenggrmakanin strumeny ang berbentuk angket untrika hli mediap embelajarana, hli matsri (IPA) dan siswa.U ntuk mengetahur apakaha dap erbedaana ntarah asil belajars isway angr neuggrurakaTne ks Pembelajaran Berprograma (kelompok eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang tidak rnenggunakaTn eks PembelajaranB erprograma( kelompokp ernbanding) dengan menggrmakan post- test yang diberikan pada siswa. Analisis data yang digunakanu ntuk memperolehd atah asil validasid ari hasil anglreta hli media pembelajarana, hli mated IPA dan siswa.D ata siswab erupap rosentases ebesar 83,5%,s edangkanu ntuk mengolad atah asil belajars iswad igunakanU ii t ( t- test) danganp ola designe kspenrmeann tarak elompokp embandingd engank elompok eksperimen. mBee.r ddnaHa sahaslri iklpmp aeeennnd giliaaei mpmeib rmahnlbi gneTarreanecj.ka lsira Pap ree.am mhbrbiee LllaaajjataerrraiB nc ilrmpruo-g preanmgpaeo tlaah liunaienAr riizliu d' ipdearno lseihsd waari. mEmenuV}ia lid. Untuk alrli maleri tpA mPIbbcVeeeee cllrrnaaanamjjtbaanudsejrrawirde* sl hkanauwk jgllaaaaabBayr r^naamnaerkI h ln nre epw gilinarla cgoits lnggsi.Hb> aureaa nn3rmrgaii, knp5akaaioa2t lncTrln.auan. ie th au leeki ptnlpsraaika epdltu tra iui li tdnn inuherbhreanaer;tgkhtcr odma a lacajnenplrcp eir.ote aoni knrrubbtoag r e'ikmrgsr. bipufamtarrahoohypnv sglaaue akrs khraoaii almgrniulys uh dalaire *a bun;br;e.g;a nirldhu a gu tanjiitannputuirg-a'bfikguitoaus iJl icnresuirgtwr ,a era,srar knir-Ss psu wDpa, eda kTgyhra euaieam lnkanses,sigtn :t;:19 lrgatan paoan app flbadls tswpae.nrbelajarayna ng rebih memperharikapna da p.rtr.Ju"n yang ada nenggHmaaskial enTk espkse rPiDermebntee rlasjeabraunl c Blieartparsod garapqaat d ilkeatrtiha ktaglr gbgai h/w ba* hka sdila brrepla;,1ja1r; s sirssuw,uar yv aanngg mbeelmajpaerd rehnagtrakpnae mnr beetodealaen tkr aardaiskitoenriaslt iakis aisuw- cae crlaa,lra,ranbh e ollaejlai-rg Ju..rruo t*abi iht emtiesn. iniglsLaa1rrtaa nu hnatrskit belajasr iswad alam mempelalarim ateri Ilmu bahasaund arar urtuk siswa SD kelas IV cahu Li ni dapat digrurakanp ada sernuaje rris rnata mengapart tqnan pembela.larany ang telah enrbelajaran yang lebrh berorientasi pada ngan adanyap embelajaranb erprograrna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item