Peningkatan kemampuan membaca permulaan melaqlui media flanelgraft pada kelompok B di TK Muslimat Nu 11 Gadang / Wiwik Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melaqlui media flanelgraft pada kelompok B di TK Muslimat Nu 11 Gadang / Wiwik Rahmawati

Rahmawati, Wiwik (2016) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melaqlui media flanelgraft pada kelompok B di TK Muslimat Nu 11 Gadang / Wiwik Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Wiwik. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flanelgraft Pada Kelompok B TK Muslimat NU 11 Gadang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Juurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan membaca permulaan Media flanelgraft. Kemampuan bahasa anak merupakan kemampuan yang sangat penting untuk distimulasi sejak dini. Hasil observasi di TK menunjukkan bahwa beberapa anak kemampuan membacanya masih kurang. Terdapat anak yang belum mampu melengkapi kalimat sederhana serta belum mampu menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media flanelgraft pada kelompok B TK Muslimat NU 11 Gadang dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B TK Muslimat NU 11 Gadang Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian 24 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran menggunakan media flanelgraft yaitu menyiapkan media flanelgraft memperkenalkan huruf pada kartu huruf memberikan contoh penggunaan media flanelgraft mengevaluasi proses pembelajaran (2) hasil belajar dengan menggunakan media flanelgraft menunjukkan tingkat keberhasilan yang diperoleh pada siklus I yaitu (37%) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan tingkat keberhasilan sebesar (95%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media flanelgraft dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Guru diharapkan untuk menggunakan media flanelgraft dalam pembelajaran agar menarik perhatian anak. Bagi lembaga disarankan untuk menyediakan media yang menarik untuk belajar dan untuk peneliti lain disarankan untuk menerapkan dan mengembangkan media flanelgraft.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item