Nehayah, Li'ayatul (2016) Peningkatan kemampuan berbahasa melalui media buku cerita bergambar seri anak kelompok B TK Lukmanul Hakim Kademangan Blitar / Li'ayatul Nehayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nehayah Li ayatul. 2016. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Buku Ceita Bergambar Seri di TK Lukmanul HakimKelompok B Kademangan Blitar.Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M. Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd Kata kunci kemampuan berbahasa media buku cerita bergambar seri kelompok b Salah satu potensi yang dimiliki anak sejak lahir adalah kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa ini dapat ditinjau dari segi pendidikan dam kemampuan ini dapat dikembangkan sejak dini. Hasil observasi yang dilakukan di TK Lukmanul Hakim kelompok B Kademangan Blitar dari 19 anak terdapat 15 anak yang mengalami kesulitan dalam kemampuan berbahasa dengan bercerita.Pendidik belum pernah menjelaskan konsep bercerita menggunakan media buku cerita bergambar seri karena pendidik hanya mengenalkan kemampuan membaca menggunakan buku baca biasa yang tidak menarik minat anak membaca ada juga buku cerita bergambar namun anak sudah biasa menemui di rumah atau di perpustakaan sekolah. Dalam mengenalkan kemampuan berbahasa anak pendidik menggunakan bahan pembelajaran yang kurang menarik seperti hanya menggunakan buku cerita biasa dan buku baca biasa.Dengan digunakannyamedia buku cerita bergambar seri ini dapat membantu perkembangan emosi anak membantu anak belajar tentang dunia dan keberadaannya belajar tentang orang lain hubungan yang terjadi dan pengembangan perasaan memperoleh kesenangan untuk mengapresiasi keindahan dan untuk menstimulasi imajinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan-tahapan dalam penelitian iniyaitu perencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anakkelompok B TK Lukmanul Hakim Kademangan Blitar. Dalam penelitian ini peneliti sebagai sebagai observer Hasil penelitian diperoleh persentase data aktifitas pendidik pada siklus I sebesar 76 9% dengan kriteria cukup sedangkan aktifitas anak sebesar42 1% dengan kriteria kurang. Hasil penilaian pelafalan anak sebesar 76 3% dengan kriteria baik intonasi anak 60 5% dengan kriteria cukup serta kelancaran sebesar 63 1% dengan kriteria cukup. Skor rata- rata ketuntasan kemampuan berbahasa anak pada siklus I sebesar 55 25% dengan kriteria cukup. Hasil ketuntasan pada siklus I dari 19 anak 11 anak (70%) tuntas dan 8 anak (30%) tidak tuntas. Hasil penelitian siklus II persentase aktifitas pendidik sebesar 100% dengan kriteria sangat baik sedangkan aktifitas anak pada sebesar94 7% dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian pelafalan anak sebesar 88 2% dengan kriteria sangat baik intonasi anak 86 8% dengan kriteria sangat baik serta kelancaran sebesar 88 2% dengan kriteria sangat baik. Skor rata- rata ketuntasan kemampuan berbahasa anak pada siklus II sebesar 92 1% dengan kriteria sangat baik. Hasil ketuntasan pada siklus II dari 19 anak 18 anak (93%) tuntas dan 1 anak (7%) tidak tuntas. Kesimpulan yang dapat diambil adalah media buku cerita bergambar seri efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Lukmanul Hakim kademangan Blitar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan media buku cerita bergambar seri untuk meningkatkan segala aspek perkembangan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8408 |
Actions (login required)
View Item |