Wahyuningsih (2016) Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggambar bebas di TK Permata Bunda Malang / Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK WAHYUNINGSIH 2016.MeningkatkanKemampuanMotorikHalusMelaluiKegiatanMenggambarBebas di TK PermataBundaKelompok B. Skripsi Program StudiPendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd Kata kunci Kemampuanmotorikhalus menggambarbebas TK. Penelitianiniberlatarbelakangpadakurangpercayadiri anakmasihragu-ragudalammenggambar gambaranakmasihkurangrapi dalammenggunakanimajinasidankreatifitasdalammengembangkankemampuanmotorikhalusmenganggambarbebas. Media yang di gunakankurangmenarikbagianak untuktingkatpencapaianperkembangananak anakbelummencapaitingkatpencapaianperkembangan sehinggaanaktidakdapatmenuangkankreativitasnyamelaluigambar. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapankegiatanmenggambarbebasdalamupayameningkatkankemampuanmotorikhalussertamendeskripsikanpeningkatankemampuanmotorikhalusmelaluipengembangankegiatanmenggambarbebaspadaanakkelompok B TK PermataBunda Malang. Pendekatan yang dilakukanpenelitiadalahpendekatankualitatifdengan model PTK. Setiapsiklusterdiridaribeberapatahapanyaituperencanaan pelaksanaan pengamatandanrefleksi.Subjekpenelitian guru dananakdidikkelompok B TK PermataBunda Malang denganjumlahpeserta 13 anak Penelitiandilakukanpada semester genaptahunpelajaran 2014-2015 danpenelitiberkolaborasidengan guru kelas. Instrument yang digunakanadalah 1) lembarobservasiaktivitasanak 2) lembarobservasikemampuanmotorikhalusmenggambarbebas 3) lembarobservasiaktivitas guru. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatanmenggambarbebasdapatmeningkatkankemampuanmotorikhalusterbuktidapatdimanfaatkandalamkegiatanpembelajaranmenggambarbebasadapeningkatanmotorikhalusanak TK PermataBunda Malang Kelompok B. Padasiklus I kemampuan rata-rata anakmencapai 51 43% meningkatmenjadi 83 834% padasiklus II Hasilinidapatdisimpulkanbahwadengankegiatanmenggambarbebasdapatmeningkatkankemampuanmotorikhalusanak.Ditandaidenganpeningkatankemampuanmotorikhalusmelaluikegiatanmenggambarbebaspadaanak.Sehinggadalampenelitiantindakankelasdisarankanbagi guru hendaknyamenggunakan media menggambarbebasdalamkegiatanpembelajaranmotorikhalus agar kegiatanmenjadilebihmenarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8405 |
Actions (login required)
View Item |