Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui permainan misteri dadu pada anak kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari / Wening Kridhaning Arum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui permainan misteri dadu pada anak kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari / Wening Kridhaning Arum

Arum, Wening Kridhaning (2016) Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui permainan misteri dadu pada anak kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari / Wening Kridhaning Arum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arum Wening.K. 2016. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Permainan Misteri Dadu Pada Anak Kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata kunci Mengenal Konsep Bilangan Permainan Misteri Dadu Kelompok A Hasil pengamatan yang dilakukan di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari diketahui bahwa metode pembelajaran dalam pengenalan konsep bilangan 1-10 yang masih konvensional dan media pembelajaran dalam pengenalan konsep bilangan 1-10 yang digunakan kurang menarik karena warna cat yang sudah kusam dan beberapa bagian sudah hilang. Hasil belajar anak didik dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun. Sebanyak 75% dari 16 anak belum mampu mengenal konsep bilangan 1 10. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan permainan Misteri Dadu dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari (2) apakah melalui permainan Misteri Dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari . Peneliti ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Tahap dalam penelitian ini (1) perancanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Instrument dalam penelitian ini berupa (1) lembar penilaian dan (2) lembar wawancara. Berdasarkan analisis Permainan Misteri Dadu dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari dengan hasil peningkatan sebagai berikut. Kemampuan anak pada pertemuan pertama siklus I anak yang tuntas sebesar 37 5% pada pertemuan kedua anak yang tuntas sebesar 43 75% pertemuan pertama pada siklus II anak yang tuntas sebesar 68 75% dan pada pertemuan kedua siklus II anak yang tuntas sebesar 81 25%. Secara garis besar peningkatan dicapai secara prosentase yang dicapai 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep bilangan anak kelompok A TK Angkasa 07 Pringgodani Singosari mengalami peningkatan. Bagi peneliti lain disarankan untuk mencoba penelitian menggunakan permainan Misteri Dadu untuk peningkatkan aspek perkembangan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8402

Actions (login required)

View Item View Item