Hidayati, Rysza Putri Rohmatul (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam sederhana kelompok B TK Dharma Wanita Kabupaten Blitar / Rysza Putri Rohmatul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayati Rysza Puri Rohmatul. 2016. Peningkatan Motorik Halus dengan Kegiatan Menganyam Sederhana pada Kelompok B TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H.Alif Mudiono M.Pd (2) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd Kata kunci kemampuan motorik halus menganyam sederhana anak kelompok B Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan dikelompok B di TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar ditemukan masalah dalam kemampuan motorik halus yaitu anak belum bisa mengoordinasikan mata dan tangan untuk memasukkan pita kedalam pola anyaman kegiatan pembelajaran guru juga kurang menyenangkan. Dari hasil evaluasi menunjukkan hanya 3 anak (19%) dari 16 anak kemampuan menganyamnya mencapai hasil yang memuaskan dan 13 anak dari 16 anak kurang berhasil dalam menganyam secara sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menganyam sederhana untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam sederhana di Tk Dharma Wanita Kabupaten Blitar Aspek-aspek yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi ketepatan dan kerapian anak dalam memasukkan pita kedalam pola anyaman secara menyilang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelompok B di TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sebanyak 16 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas anak lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kegiatan menganyam sederhana berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru penerapan kegiatan menganyam sederhana dan peningkatan hasil penilaian observasi aktivitas anak dengan hasil pekerjaan pada siklus I yang mencapai 18 75 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kegiatan menganyam sederhana dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Melihat keberhasilan kegiatan menganyam sederhana disarankan supaya guru menerapkan menganyam sederhana untuk meningkatkan motorik halus anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8401 |
Actions (login required)
View Item |