Pengembangan permainan "Ants Coloniest" untuk menstimulasi aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun / Riska Ayu Widya Murdhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan "Ants Coloniest" untuk menstimulasi aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun / Riska Ayu Widya Murdhani

Murdhani, Riska Ayu Widya (2016) Pengembangan permainan "Ants Coloniest" untuk menstimulasi aspek perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun / Riska Ayu Widya Murdhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murdhani Riska Ayu Widya. 2016. Pengembangan PermainanAnts Coloniest untuk Menstimulasi Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Kentar Budhojo M.Pd. (II) Retno Tri Wulandari S. Pd M.Pd. Kata Kunci Permainan Ants Coloniest Aspek Perkembangan Sosial Emosional Usia 5-6 Tahun Pada usia 5-6 tahun anak perlu distimulasi agar dapat mengembangkan berbagai aspek terutama aspek sosial emosional anak. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di TK Muslimat 34 daan TK PKK Bina Anaprasa TPP ditemukan bahwa anak usia 5-6 tahun kurang menunjukkan respon emosi perilaku sosial. Metode pembelajaran aspek sosial emosional yang digunakan adalah metode sosio drama. Permainan tradisional seperti gobak sodor kurang diminati anak. Penelitian ini mengembangkan permainan Ants Coloniest. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan permainan yang dapat menstimulasi aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini yang menyenangkan dan mudah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg Gall (1983). Prosedur pengembangan terdiri dari sembilan langkah yaitu (1) identifikasi masalah (2) Perancangan Produk Awal (3) uji produk oleh ahli (4) revisi produk berdasarkan ahli (5) uji coba produk (kelompok kecil) (6) revisi produk berdasarkan uji coba (7) uji lapangan utama (8) revisi berdasarkan uji coba lapangan (9) produk akhir.Penelitian dilakukan di TK Muslimat 34 dan TK PKK Bina Anaprasa TPP Berdasarkan uji kelayakan produk kepada ahli sosial emosional terkait kesesuaian permainan dengan aspek perkembangan sosial emosional diperoleh persentase 81.25%. Dari ahli bermain dan permainan persentase keefektifan dan kemenarikan diperoleh 80.88%. Uji kelayakan permainan kepada ahli materi diperoleh persentase 79.16%. Dari uji coba kelompok kecil pada anak diperoleh persentase keefektifan87% dan kemudahan86%. Kemudian uji coba kelompok besar pada anak diperoleh persentase keefektifan 86% dan kemudahan 88.5%. Uji coba lapangan utama pada anak diperoleh persentase keefektifan 92% dan kemudahan 92.83%. Hasil pengembangan berupa produk permainan Ants Coloniest yang digunakan untuk menstimulasi aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun. Permainan Ants Coloniest adalah permainan yang valid dan sesuai untuk anak usia 5-6 tahun. PermainanAnts Coloniest merupakan permainan yang mudah dilakukan oleh anak usia 5-6 tahun. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan PermainanAnts Coloniestdengan cakupan lebih luas danuntuk mengembangkanaspek-aspek perkembangan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item