Implementasi nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di SDN Pare Kediri / Sukma Dwi Pusparini - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di SDN Pare Kediri / Sukma Dwi Pusparini

Pusparini, Sukma Dwi (2016) Implementasi nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di SDN Pare Kediri / Sukma Dwi Pusparini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pusparini Sukma Dwi. 2016. Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Kegiatan Pembelajaran Di SDN Pare 1 Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd (2) Dra. Murtiningsih M. Pd Kata Kunci implementasi nilai-nilai karakter kegiatan pembelajaran Penanaman nilai-nilai karakter dapat dilakukan dalam lingkungan rumah masyarakat dan lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah menjadi sarana yang penting dalam penanaman nilai-nilai karakter. Penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik dapat dilaksanakan secara terstruktur dan melalui dengan berbagai cara. Salah satunya dapat diintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran di luar maaupun di dalam kelas. Penanaman nilai-nilai karakter dapat ditanamkan melalui pembiasaan-pembiasaan dari sekolah maupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) implementasi nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran di SDN Pare 1 Kediri (2) karakter yang muncul dalam kegiatan pembelajaran (3) kendala yaang di hadapi dalam mengimplementasi nilai-nilai karaakter di SDN Pare 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dan wawancara di lakukan sendiri oleh peneliti di lapangan sehingga ketekunan peneliti menjadi hal yang penting dalam penelitian ini. Dan tahapan penelitian yang dilakukan adalah pendahuluan observasi umum pelaksanaan dan penyusunan laporan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penanaman dan pembentukan karakter dalam kegiatan pembelajaran melalui pembiasaan sudah dilaksanakan dengan baik. Pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh guru maupun sekolah di upayakan untuk dapat memunculkan 18 nilai-nilai karakter. Berdasarkan 18 nilai-nilai karakter sudah muncul 18 karakter di SDN Pare 1 Kediri nilai-nilai ini ditanamkan dalam kegiatan pembelajaran baik di luar maaupun di dalam kelas. Kesimpulan penelitian ini bahwa di SDN Pare 1 Kediri melaksanakan penanaman nilai-nilai karakter melalui berbagai pembiasaan di sekolah diantaranya pembiasaan religius pembiasaan sosial dan pembiasaan perilaku sopan dan bersikap toleran. Inti dari pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah adalah pembiasaan cinta kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa kepada sesama kepada diri sendiri kepada lingkungan dan kepada Tanah Air Indonesia. Disarankan bagi guru untuk dapat lebih memahami kembali nilai-nilai karakter sehingga dapat mengimplementasikannya dengan baik. Selain itu disarankan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan putra putrinya dan saling bekerjasama dengan guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item