Peningkatan perkembangan bahasa menggunakan model scramble pada kelompok B TK Dharma Wanita Minggirsari Kabupaten Blitar / Adinda Tri Tabah Juang Pangestuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan perkembangan bahasa menggunakan model scramble pada kelompok B TK Dharma Wanita Minggirsari Kabupaten Blitar / Adinda Tri Tabah Juang Pangestuti

Pangestuti, Adinda Tri Tabah Juang (2016) Peningkatan perkembangan bahasa menggunakan model scramble pada kelompok B TK Dharma Wanita Minggirsari Kabupaten Blitar / Adinda Tri Tabah Juang Pangestuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangestuti Adinda Tri TabahJuang. 2016. PeningkatanPerkembangan Bahasamenggunakan Model Scramble padaKelompok B TK Dharma WanitaMinggirsari KabupatenBlitar.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. HadiMustofa M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd Kata kunci kemampuanbahasaanak model scramble. Berdasarkan pengamatan pembelajaran yang dilakukan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar ditemukan bahwa 12 anak dari 16 anak yang belum mampu merangkai huruf menjadi sebuah kata pada gambar yang sesuai dan anak tidak pernah selesai dalam melaksanakan kegiatan sehingga mempersulit kosakata bahasa anak. Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk meningkatkanbahasaanakkhususunyakosa kata denganmenggunakan model scramble yang berupakartuhurufdangambar. Denganmenggunakan model scramblediharapkanaspekperkembanganbahasaanakdapatmeningkat. Aspek-aspek yang dikembangkandalampenelitianinimeliputikecepatan ketepatandankerjasamaanakdalammenyusunhurufmenjadi kata menggunakan model scramble. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelompok B di TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sebanyak 16 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak lembar observasi kemampuan berbahasa anak pedoman wawancara lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Hasilpenelitianmenunjukkanpenerapan model scramblemengalamipeningkatan yang sangatbaik. Hal inidiketahuidarihasilaktivitas guru danaktivitasanak.Terjadipeningkatanbahasaanak yang dapatdiketahuidarihasilkemampuanberbahasaanakpadapratindakanmencapai rata-rata 53 meningkatpadasiklus I yaitumencapai rata-rata 60 dansiklus II mencapai rata-rata 80. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penerapan model scramble dapat diterapkan dengan baik serta dapat meningkatkan bahasa anak kelompok B di TK Dharma Wanita Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Melihat keberhasilan penerapan model scramble. Disarankan supaya guru menggunakan model scramble untuk meningkatkan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item