Peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan ikan di akuarium pada anak kelompok A TK Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang / Zainul Arifin

Arifin, Zainul (2016) Peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan ikan di akuarium pada anak kelompok A TK Satu Atap Rampal Celaket 2 Malang / Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zainul, Arifin. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Ikan di Akuarium Pada Anak Kelompok A TK Satap Rampal Celaket 2 Malang.Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Ahmad Samawi, M.Hum., (II) Sandy Tegariyani, P.S, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci:Permainan ikan danKonsep berhitung permulaan Berdasarkan hasilobservasi di TKSatap Rampal Celaket 02 Malangditemukan fakta bahwa 59% anak belum mampu mengenal konsep berhitung permulaan, membilang dengan menunjuk benda sampai 10, membuat urutan bilangan sampai 10 dan menghubungkan/memasangkan bilangan dengan benda sampai 10. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriptifkanpenerapan permainan ikan dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian sebanyak 18 anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus disajikan dengan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan yang dilakukan sebelum menggunakan permainan ikan yaitu mengajak anak menghitung benda disekitar anak, kemudian anak dikenalkan dengan permainan ikan sehingga anak dapat mengenal konsep berhitung permulaan, membilang dengan menunjuk benda sampai 10, membuat urutan bilangan sampai 10 dan menghubungkan/memasangkan bilangan dengan benda sampai 10. Hasil belajar dengan menggunakan permainan ikan menunjukkan rata-rata diperoleh pada siklus I yaitu (57%) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar (89%). Berdasarkan temuan penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan penggunaan permainan ikan dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK Satap Rampal Celaket 2 Malang. Oleh karena itu, penggunaan permainan ikan dalam pembelajaran, disarankan kepada guru sebaiknya disertai dengan warna-warna yang menarik perhatian anak agar anak tidak bosan dalam belajar, media dibuat denga bentuk bervariasi, bahan permainan ikan memakai bahan yang tahan lama dan tidak mudah rusak saat digunakan secara berulang-ulang.Bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan permainan ikan yang sejenis untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item