Sofyani, Mutiara Oka (2016) Penerapan permainan acak geometri berwarna untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Mutiara Oka Sofyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sofyani Mutiara Oka. 2015. Penerapan Permainan Acak Geometri Berwarna untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK PKK Bandulan Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd Kata Kunci anak kelompok A kemampuan kognitif permainan Acak Geometri Berwarna Berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang diketahui bahwa kemampuan kognitif anak dalam hal mengenal bentuk-bentuk geometri membilang angka 1-10 mengenal warna serta mengetahui benda-benda di sekitar anak yang bentuknya sama seperti bentuk geometri masih belum mencapai optimal seperti yang diharapkan. Hal ini diperkuat dengan jumlah ketuntasan kelas sebesar 42 85% yaitu dari 21 anak hanya 9 anak yang mendapat nilai tuntas dalam mengenal bentuk-bentuk geometri. Rumusan Masalah penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan permainan Acak Geometri Berwarna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kognitif pada anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang (2) Mendeskripsikan permainan Acak Geometri Berwarna dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif pada anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang dengan jumlah anak 21 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dokumentasi foto dan lembar wawancara. Analisis data penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Acak Geometri Berwarna dapat dilaksanakan dengan baik oleh guru dan anak. Hal ini diketahui kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran anak mengalami peningkatan dari pratindakan siklus I dan siklus II. Diketahui persentase pratindakan memperoleh 42 85% yaitu 9 anak yang tuntas persentase siklus I memperoleh 57 14% yaitu 12 anak yang tuntas dan persentase siklus II memperoleh 85 71% yaitu 18 anak yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat direkomendasikan permainan Acak Geometri Berwarna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada anak kelompok A di TK PKK Bandulan Malang. Disarankan bagi guru agar permainan Acak Geometri Berwarna dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan permainan Acak Geometri Berwarna dengan menggunakan media yang lebih bervariasi dan menambah inovasi baru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8396 |
Actions (login required)
View Item |