Peningkatan kemampuan komunikasi sosial anak dengan bermain peran pada kelompok B1 di PAUD Al Quran Kabupaten Malang / Aisyah Nur Atika - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan komunikasi sosial anak dengan bermain peran pada kelompok B1 di PAUD Al Quran Kabupaten Malang / Aisyah Nur Atika

Atika, Aisyah Nur (2016) Peningkatan kemampuan komunikasi sosial anak dengan bermain peran pada kelompok B1 di PAUD Al Quran Kabupaten Malang / Aisyah Nur Atika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atika Aisyah Nur. 2016. Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Sosial Anak dengan Bermain Peran pada Kelompok B1 di PAUD AL-QURAN Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum (II) Eny Nur Aisyah S.Pd I. M.Pd Kata Kunci bermain peran komunikasi sosial anak Kelompok B Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi sosial anak kelompok B1 di PAUD AL-QURAN yang ditunjukkan dengan belum dapat berbicara dengan sopan mau memohon dan memberi maaf serta menyapa teman sehingga sebagian anak cenderung kurang dapat menjalani hubungan baik dan menyenangkan dengan teman sebayanya. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah yaitu (1) bagaimana penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi sosial anak kelompok B1 di PAUD AL-QURAN Kabupaten Malang (2) apakah bermain peran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi sosial anak kelompok B1 di PAUD AL-QURAN Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah anak kelompok B1 PAUD AL-QURAN Kabupaten Malang berjumlah 14 anak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Teknik pengumpulan data untuk mendukung penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan terhadap kemampuan komunikasi sosial anak dan kegiatan bermain peran lebih menyenangkan.bermain peran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1 PAUD AL-QURAN Kabupaten Malang terbukti ketuntasan kelas pada siklus I pertemuan pertama 36% atau 5 anak yang sudah berkembang pada siklus I pertemua kedua 50% atau 7 anak yang sudah berkembang pada siklus II pertemuan pertama 71% atau 10 anak yang sudah berkembang dan pada siklus II pertemuan kedua 93% atau 13 anak yang sudah berkembang Bermain peran diterapkan dengan cara anak-anak memerankan suatu tokoh dan memerankan sesuai dengan perannya dengan cerita yang sudah ditentukan oleh guru. Kegiatan bermain peran dalam pembelajaran sosial emosional terbukti dapat meningkatkan kemampuan komunikasi sosial anak karena sudah mencapai target yang ditentukan yaitu 8805 75%. Bagi guru anak usia dini disarankan memanfaatkan kegiatan bermain peran ini karena dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sosial anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item