Penerapan permainan tepuk tebak kata beruntun untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan / Fauziah Rizky Wikandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan tepuk tebak kata beruntun untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan / Fauziah Rizky Wikandari

Wikandari, Fauziah Rizky (2016) Penerapan permainan tepuk tebak kata beruntun untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan / Fauziah Rizky Wikandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wikandari Fauziah Rizky. 2016. Penerapan Permainan Tepuk Tebak Kata Beruntun untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Permainan tepuk tebak kata beruntun kemampuan berbicara TK B Berbicara merupakan kegiatan untuk mengekspresikan menyatakan mengkomunikasikan pikiran ide perasaan secara lisan. Ditemukan dari 23 anak sebanyak 13 anak (57%) kesulitan mengembangkan kosakata sehingga anak mengalami keterbatasan dalam membentuk kalimat. Untuk itu diperlukan pembelajaran inovatif dan menyenangkan agar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan. Permainan tepuk tebak kata beruntun sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan Permainan Tepuk Tebak Kata Beruntun untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan setelah dibelajarkan dengan Permainan Tepuk Tebak Kata Beruntun. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek diteliti anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan III Pasuruan berjumlah 23 anak. Penelitian dilakukan bersiklus meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Permainan tepuk tebak kata beruntun dilakukan dengan mengucapkan lirik lagu yang telah didengar dan menjawab pertanyaan secara individu sehingga anak lebih aktif dalam berbicara. Hasil belajar menggunakan permainan tepuk tebak kata beruntun menunjukkan skor rata-rata kemampuan berbicara anak pada siklus I mencapai 72 01 meningkat pada siklus II menjadi 87 78. Kemudian jumlah persentase ketuntasan kelas anak pada siklus I mencapai 52 18% meningkat pada siklus II menjadi 86 96%. Pada siklus II sudah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak sangat baik sehingga penelitian dihentikan. Disimpulkan bahwa permainan tepuk tebak kata beruntun dapat diterapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Saran untuk guru dapat menerapkan permainan tepuk tebak kata beruntun dengan menyenangkan dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak guru perlu memberikan dorongan pujian dan motivasi kepada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8394

Actions (login required)

View Item View Item