Ariani, Rifka Annisa (2016) Pengembangan permainan monopoli pintar pada pembelajaran kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di kota Malang / Rifka Annisa Ariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ariani Rifka Annisa. 2016. Pengembangan Permainan Monopoli Pintar Pada Pembelajaran Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Unversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata Kunci Permainan Monopoli Pintar Kemampuan Berbicara Permainan monopoli pintar merupakan permainan pada pembelajaran kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil observasi di Children Centre Brawijaya Smart School ditemukan fakta di antaranya pada saat kegiatan guru hanya menggunakan metode tanya jawab papan tulis dan lembar kerja anak (LKA) anak terlihat kurang tertarik dalam kegiatan belajarnya karena metode yang digunakan cenderung hanya mengandalkan interaksi satu arah anak mempunyai kesempatan bermain pada saat selesai mengerjakan lembar kerja. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan suatu permainan monopoli pintar untuk anak usia 5-6 tahun pada pembelajaran kemampuan berbicara yang menyenangkan mudah dan aman dilakukan. Penelitian permainan monopoli pintar ini menggunakan model pengembangan Dick and Carrey. Penelitian ini hanya menggunakan 9 langkah prosedur dari model penelitian dan pengembangan Dick and Carrey di antaranya (1) analisis kebutuhan (2) analisis pembelajaran (3) analisis anak sebagai pengguna (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan produk (8) merancang produk dan penilaian (9) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berisi tentang pertanyaan tentang produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian dan pengembangan produk permainan monopoli pintar pada pembelajaran kemampuan berbicara didapatkan hasil sebagai berikut (1) ahli materi pembelajaran kategori sangat valid dengan persentase 87 5% (2) ahli bahasa kategori sangat valid dengan persentase 100% (3) ahli permainan kategori sangat valid dengan persentase 97 5% (4) data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata sebesar 94 5% (5) data uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata sebesar 98 6%. Berdasarkan persentase di atas maka permainan monopoli pintar sangat valid dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8393 |
Actions (login required)
View Item |