Pengembangan gerak dan lagu untuk pembelajaran bahasa anak kelompok B di TK Satu Atap SDN Tanjungrejo 5 Malang / Diana Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan gerak dan lagu untuk pembelajaran bahasa anak kelompok B di TK Satu Atap SDN Tanjungrejo 5 Malang / Diana Rachmawati

Rachmawati, Diana (2016) Pengembangan gerak dan lagu untuk pembelajaran bahasa anak kelompok B di TK Satu Atap SDN Tanjungrejo 5 Malang / Diana Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati Diana. 2016. PengembanganGerakdanLaguUntukPembelajaran Bahasa AnakKelompok B di TK SatuAtap SDN Tanjungrejo 5 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. KentarBudhojo M.Pd. (II) Drs.I Made Seken M.Pd. Kata Kunci Pengembangan GerakdanLagu BahasaAnakKelompok B Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek yang harusdikembangkansecara optimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di TK Satu Atap SDN Tanjungrejo 5 Malang diketahui bahwa adanya kesenjangan dalam berbahasa antara lain anak dalam bercerita masih kurang lancar. Penyebab dari kurang lancarnya anak dalam bercerita adalah anak tidak percaya diri sehingga anak kesulitan dalam mengekspresikan gagasan atau idenya. Anakkurangruntutdalamberceritadandayaimajinasinyakurang. Metodegerakdanlaguolehpenelitidigunakansebagaisaranauntukpembelajaranbahasalisan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan Gerak dan Lagu Hati Gembira adalah untuk memberikan salah satu alternatif metode pembelajaran bahasa lisan yang menarik mudah dan menyenangkan bagi anak kelompok B TK Satu Atap SDN Tanjungrejo 5 Malang.GerakdanLagu HatiGembiradikemasdalambentuk CD yang berisi video sertabukupanduan.LirikdangerakanpadaGerakdanLagu HatiGembira sederhanadanriangsehinggamudahdilakukanolehanakKelompok B. Model pengembangan yangdigunakandalampenelitianinimenggunakan model pengembangan Dick and Carey.Prosedurpengembanganterdiridari Sembilan langkahyaitu (1) Analisiskebutuhandantujuan (2) Analisispembelajaran (3) Analisispembelajarandankonteks (4) Merumuskantujuanperformansi (5) Mengembangkan instrument (6) Mengembangkanstrategipembelajaran (7) Mengembangkandanmemilihbahanpembelajaran (8) Merancangdanmelakukanevaluasiformatif (9) Melakukanrevisiproduk. HasillpenelitiandanpengembanganiniadalahmetodeGerakdanLagu HatiGembira dengankriteriakeberhasilansebagaiberikut (1) 93% anakmudahmelakukanGerakdanLagu HatiGembira dan (2) 96% anaksenangmelakukanGerakdanLagu HatiGembira . KesimpulanpenelitiandanpengembanganGerakdanLagu HatiGembira untukpembelajaranbahasalisaninimudahdanmenyenangkanbagianakKelompok B. Diharapkanhasilpengembanganinisebelumdiujicobakankepadakelompok yang lebihluasdiupayakanuntukmendapatkanhakciptadariDitjen HAKI dandapatdisosialisasikankepadasekolah-sekolahdanlembagapendidikanterkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8392

Actions (login required)

View Item View Item