Ochtavia, Ismi Ravena (2016) Penerapan pendekatan informal untuk mengembangkan kemamouan bercerita anak kelompok B di Children Centre Brawijaya Smart School Malang / Ismi Ravena Ochtavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ochtavia Ismi Ravena. 2016. Penerapan Pendekatan Informal untuk Mengembangkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B di Children Centre Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (2) Drs. I Made Seken M.Pd Kata kunci Kemampuan Bercerita Pendekatan Informal Anak Kelompok B Kemampuan bercerita anak kelompok B kelas B1 di Children Centre Brawijaya Smart School dapat bercerita di depan kelompok atau orang lain yaitu 15 38%. Sedangkan persentase anak dapat bercerita tidak di depan kelompok atau orang lain dan dengan instruksi dari guru untuk bercerita sebesar 76 92% dan sisanya 7 69% kemampuan berceritanya belum berkembang. Kondisi ini disebabkan guru belum menggunakan metode yang tepat untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk memaparkan pelaksanaan penerapan pendekatan informal untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak kelompok B (2) untuk memaparkan perkembangan kemampuan bercerita anak kelompok B dengan pendekatan informal. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga putaran penelitian. Tiap putaran penelitian terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B kelas B1 yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian berkembang dari pra tindakan guru memberikan pancingan kata pada putaran I anak bercerita atas inisiatif sendiri sebanyak 8805 3 kata putaran II berkembang lagi anak bercerita sebanyak 8805 5 kata dan putaran III berkembang lagi anak bercerita sebanyak 8805 7 kata. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan bercerita anak yaitu pada pra tindakan hanya 15 38% berkembang menjadi 64 28% pada penelitian putaran I. Lalu berkembang lagi menjadi 71 42% pada penelitian putaran II dan tetap 71 42% pada penelitian putaran III tetapi skor seluruh anak berkembang dari 126 pada penelitian putaran II menjadi 129 pada penelitian putaran III. Rekomendasi untuk sekolah yaitu hendaknya menambah tenaga kerja saat pembelajaran di luar sekolah. Rekomendasi untuk guru yaitu hendaknya merencanakan pembelajaran di luar sekolah tidak bergabung dengan kelas lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8391 |
Actions (login required)
View Item |